Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] –  Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan 11 jenis uang rupiah untuk tahun emisi 2016. Penerbitan uang rupiah dengan desain baru ini sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI yang telah mengukuhkan 12 gambar pahlawan dalam‎ uang rupiah emisi 2016..

Bank Indonesia Semarang, juga turut menyosialisasikan uang rupiah terbaru tersebut di Gedung BI Semarang, Jalan Imam Bardjo, Kota Semarang, Senin (19/12).

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan bertepatan dengan hari bela negara, telah diluncurkan uang rupiah emisi 2016, yang terdiri dari tujuh uang rupiah pecahan kertas, dan empat uang logam.

“Hari ini kita akan menyaksikan pengeluaran dan pengedaran uang rupiah emisi 2016, yang terdiri dari tujuh uang rupiah pecahan kertas, dan empat uang logam,” ujarnya dalam video streaming di Kantor BI Semarang.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap uang rupiah, Agus meminta masyarakat tidak melipat meremas, mencorat-coret, atau membasahi.

“Budaya menjaga uang rupiah harus ditanamkan sejak usia dini, mengingat uang rupiah tidak hanya sekedar alat pembayaran, tetapi menjadi bukti kedaulatan rakya‎t,” tuturnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menekankan pengamanan uang rupiah harus terus ditingkatkan untuk mencegah pemalsuan.

“Teknologi pengamanan jangan sampai kalah dengan pemalsu rupiah,” tegasnya. (RS)

492
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>