Sebarkan berita ini:
Masyarakat Menukarkan Uang Baru Di Kantor Perwakilan BI Jateng

SEMARANG[SemarangPedia] – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) di 33 Provinsi di Indonesia secara serentak mengeluarkan dan mengedarkan uang baru tahun emisi 2016, setelah secara resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo di Gedung Bank Indonesia Jakarta, Senin (19/12).

Meski penukaran perdana uang baru itu bisa dilakukan di 45 Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI), namun jumlahnya masih dibatasi.

Dimana setiap orang dibatasi penukaran total Rp 1.940.000 yang terdiri dari 10 lembar setiap pecahan uang kertas dan satu rol setiap pecahan uang logam. Untuk pecahan uang kertas total maksimal Rp 1.880.000 dan uang logam total Rp 60.000.

Sedangkan untuk masyarakat umum bisa mulai melakukan penukaran mulai Kamis (22/12) di Kantor Perwakilan Wilayah  Bank Indonesia terdekat seperti di kantor BI Jawa Tengah.

Menurut Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah, Eko Purwanto, pendistribusian kepada masyarakat dilakukan secara bertahap karena yang diterima dari Jakarta jumlahnya masih terbatas.

“Penyebarannya melalui perbankan dan untuk tahap pertama ini jumlahnya masih sangat terbatas,” ujarnya di sela-sela sosialisasi peluncuran uang tahun emisi 2016 di Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah, Senin (19/12)

Bagi masyarakat, lanjutnya,  yang berminat menukarkan uang, bisa melakukan di perbankan. Namun, jumlahnya masih terbatas.

“Begitu kita dapat kiriman dari Jakarta langsung kita distribusikan,” tuturnya.

Dia menuturkan uang baru tahun emisi 2016 ini, tidak akan menggantikan uang lama. Dimana uang lama masih tetap berlaku selama belum dinyatakan dicabut dari peredarannya oleh Bank Indonesia.

Uang yang baru diluncurkan itu, dia menambahkan terdapat 11 pecahan uang rupiah yang terdiri dari tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.

Adapun  Pahlawan Nasional yang tercantum dalam uang tersebut  terdiri :

1. Gambar Pahlawan Nasional Dr (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr (H.C.) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp100.000.

  1. Gambar Pahlawan Nasional Ir H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp50.000.
  2. Gambar Pahlawan Nasional Dr G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp20.000.
  3. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp10.000.
  4. Gambar Pahlawan Nasional Dr K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp5.000.
  5. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp2.000.
  6. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutia sebagai gambar pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp1.000.
  7. Gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp1.000.
  8. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp500.
  9. Gambar Pahlawan Nasional Dr Tjiptomangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp200.
  10. Gambar Pahlawan Nasional Prof Dr Ir Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp100. (RS)
273
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>