Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Komisi D DPRD Jawa Tengah mengharapkan dalam pembangunan infrastruktur jalan diperlukan sinergitas antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Bina Marga dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

Sekretaris Komisi D DPRD Jawa Tengah Jayus mengatakan secara teknis pembangunan infrastruktur terutama jalan tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Bina Marga.

Namun, lanjutnya, dalam pembangunan jalan pihak Dinas Marga perlu melakukan koordinasi dengan  Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

Dia menambahkan pelaksana proyek juga harus tetap memerhatikan konstruksi bangunan, terutama drainase di kanan- kiri jalan.

“Persoalan drainase itu penting karena genangan air di saat hujan mampu merusak jalan,” ujarnya saat kunjungan kerja Komisi D DPRD Jateng, memantau pelaksanaan proyek peningkatan jalan Semarang-Godong di Karangawen, Demak, Jumat. (28/4)

Menurutnya, persoalan drainase, harus menjadi perhatian mengingat jalan yang dibangun itu sering dilalui oleh kendaraan berat seperti truk trailer, kontainer dan tronton serta truk box angkutan barang.

“Beruntung peningkatan jalan di Karangawen, Grobogan ini dengan beton. Kalau aspal sudah pasti bakal, ambrol. Kami akan meminta pada dua instansi pemeritah. Antara pembangunan drainase dengan jalan harus terpadu,” tuturnya.

Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Wasiman mendesak Dinas Bina Marga untuk segera mengebut pekerjaan proyek peningkatan jalan Semarang-Godong di Karangawen, Demak.

Karena, jalur Semarang-Godong-Purwodadi tergolong cukup padat baik dilewati angkutan barang, angkutan bus antar kota dalam propinsi (AKDP) dan antar kota antar propinsi (AKAP) serta kendaraan roda dua oleh para pekerja dari wilayah Purwodadi menuju Semarang.

Selain itu, lanjutnya, percepatan proyek peningkatan jalan itu perlu segera direalisasikan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2017.

“Proyek peningkatan jalan harus segera selesai mengingat jalur tersebut sangat padat serta untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini,” ujarnya. (RS)

 

98
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>