Sebarkan berita ini:

26-NarkobaSEMARANG[SemarangPedia]- Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah (BNNP Jateng), memusnahkan barang bukti narkotika hasil tangkapan dan operasi di beberapa wilayah di Jawa Tengah (Minggu sore (26/6).

Barang bukti narkotika dimusnahkan dengan cara dilarutkan dalam cairan yang dicampur dengan detergen, setelah  memiliki kekuatan hukum tetap, sesuai undang-undang pp nomor 40 tahun 2013.

Hasil tangkapan dan operasi di beberapa wilayah Jawa Tengah selama bulan Januari hingga Juni 2016 barang bukti itu, meliputi 10.000 butir pil dekstro dan sabu seberat kurang lebih 56,6 gram serta 27,85 gram hasis,

Jenis pil dekstro diamankan dari operasi yustisi di daerah Batang, narkoba jenis sabu diperoleh petugas BNNP di wilayah Surakarta dan narkoba jenis hasis diamankan di bandara Ahmad Yani Semarang, diduga sengaja di tinggal penumpang dari penerbangan Singapura.

26-Lab Narkoba1Sebelum dilakukan pemusnahan, petugas Laboratorium Forensik Mabes Polri cabang Semarang, menguji narkotika hasil tangkapan dan operasi dibeberapa wilayah di Jawa Tengah, dan disaksikan oleh Ketua Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) Jawa Tengah, Endang Pudjiwati.

Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen pol, Amrin Remico mengungkapkan akan terus berupaya memberantas peredaran narkoba, khususnya di wilayah hukum Jawa Tengah, dan memprioritaskan upaya pencegahan di lingkungan lapas, karena masih banyak ditemukan narapidana yang mendekam di lapas yang masih menjadi pengendali peredaran narkoba.

“Permasalahan utama peredaran narkoba di dalam lapas,  apakah dilakukan napi atau okum sipir,  BNNP sifatnya memberitahu kepada pihak lapas, mamun jika napi yang ada dilalam lapas terindikasi positif narkoba jenis sabu, BNNP meminta pihak lapas disarankan melakukan pembinaan khusus” ujarnya

BNNP Jateng, lanjutnya, juga meminta kepada pihak lapas agar bisa diadakan pemeriksaan ekstra agar narkoba tidak masuk kedalam lapas, melakukan kegiatan bidang pembrantasan secara tiba-tiba.

Selain itu dia menambahkan BNNP Jawa tengah akan terus berupaya baik preventif maupun represif dalam pemberantas narkoba berkoordinasi dengan instansi terkait baik swasta maupun negeri.(HN/RS)

148
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>