Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Badan Narkotika  Nasional (BNN) Jeteng kembali berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencucian uang jaringan narkotika yang dikendalikan seorang narapidana Lapas Super Maksimum Security Batu Nusakambangan, Cilacap.

Dari kasus itu petugas berhasil mengamankan uang senilai Rp4,8 miliar yang diduga hasil dari bisnis narkotika dan seorang tersangka sebagai pengepul uang bisnis haram tersebut.

Brigjen Pol Muhammad Nur Kepala BNN Jateng tersangka yang berhasil diamankan petugas terdiri Deden Wahyudi alias Dandi Kosasih alias Raditya. Pelaku merupakan pengepul uang hasil bisnis narkoba yang dilakukan oleh Christian Jaya Kusuma seorang gembong narkotika yang mendekam di lapas Super Maksimum Security Batu, Cilacap.

Tersangka, lanjutnya, Deden ditangkap saat sedang melakukan tranmsaksi di salah satu bank di Lempuyangan Gondokusumo Yogyakarta. Dalam penangkapan itu petugas mengembangkan dengan penggeledahan di rumah kos tersangka dan hasilnya ditemukan uang tunai sebesar Rp1,5 miliar, uang dollar Singapura senilai 53.000, serta empat buku tabungan bank yang berbeda dengan total jumlah Rp2,7 miliar atas nama tersangka Deden Wahyudi.

Menurutnya, dalam pembuatan rekening pelaku mengggunakan KTP palsu untuk mempersulit pelacakan. Keempat rekening bank itu terdiri Bank Mandiri, BCA, BNI dan BRI. Bahkan diduga uang miiaran rupiah itu merupakan milik gembong narkoba Christian Jaya Kusuma alias Snacai yang saat ini mendekam di Lapas batu Nusakambangan Cilacap.

Gerbong narkoba, tutur Muhammad Nur, juga dikenal cukup licin, mengingat sebelumnya jaringan Sancai pernah diungkap dua kali oleh Satgas TPPU BNN Jateng, di antaranya pada 2018 yang melibatkan Kepala Rutan Purworejoi,

Dia menuturkan BNN saat ini akan terus mengejar pelaku lain yang diduga sebagai pengendali tersangka Deden Wahyudi. Atas perbuatannnya tersangka dijerat dengan Undang-UYandang Nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantas tindak pidana pencucian uang. (NDI/RS)

 

34
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>