Sebarkan berita ini:

MALANG[SemarangPedia] –  Bom Pesawat Sukhoi buatan PT Sari Bahari dan PT Dahana (Persero) dikenal dengan nama Bom P 100 Live, sebagai pengembangan dari bom latih P 100 dimana bom ini memiliki berat dan karakter aerodinamika yang sama dengan bom latih P 100. 

Sedangkan Casing Bomb P 100 Live (tajam) diproduksi oleh PT Sari Bahari dan isian bahan peledak dilakukan oleh PT Dahana (Persero) di Subang, Jawa Barat.  Saat ini PT Dahana mendapatkan TOT  untuk pembuatan hulu ledak atau fuze AVU-ETMA dai Armaco Jsc, Bulgaria.

“Bom P 100 Live ini memiliki Tingkat kandungan Dalam Negeri sebesar 88,33%,” ujar Heri Heriswan, Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dahana ketika menerima kunjungan rombongan Menko Perekonomian Darmin Nasution di Malang, dalam keterangan resmi, Kamis. (5/1)

Menko Perekonomian Darmin Nasution didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat mengunjungi pabrik bomb Pesawat Sukhoi di Malang pada Kamis. (5/1)

Menurunya, Bom ini termasuk kaliber 100 dengan panjang 1.100 mm dan berdiameter body 273 mm.  Berat bomb sendiri 100 – 125 kg dengan isian bahan peledak military explosives.

Bom P 100 Live ini, kata Heri, dipergunakan untuk pesawat tempur Sukhoi milik TNI Angkatan udara. Bom itu memiliki banyak keunggulan yang sengaja didesain untuk dapat digunakan pada pesawat standar NATO maupun standar Rusia.

“Jenis Bom ini mudah dalam perawatan dan penyimpanan di gudang. Bahkan lebih efisien dalam penggunaannya karena tidak menggunakan bahan peledak untuk melepaskan bomb dari bomb rack (impulse cartridge),” tuturnya.

Di pesawat sukhoi, dia menambahkan Bomb P 100 L dapat dilepaskan dengan menggunakan program Standar Bombing Sukhoi.

Keunggulan lainnya, bom ini buatan dalam negeri sehingga mudah dalam transportasi pengiriman maupun perbaikan jika diperlukan.

“Selain Bomb P 100 Live, kedua perusahaan juga memproduksi ukuran yang lebih besar yaitu Bomb P 250 dan Bomb P 500,” ujarnya. (RS) 

322
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>