Sebarkan berita ini:

4-bpbdSEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah diminta untuk siap siaga, menyusul cuaca ekstrem dengan intensitas hujan deras yang diperkirakan masih terjadi di sejumlah kabupaten/kota di provinsi ini.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta BPBD untuk menyiapkan seluruh personelnya guna memberikan bantuannya ,jika setiap saat dibutuhkan untuk menanggulangi bencana di daerah.

“Setiap pagi BPBD harus apel pagi dan siapkan personel jika sewaktu waktu siap terjun ke lokasi bencana di berbagai daerah,” ujarnya usai Rakor Menghadapi Musim Hujan 2016 di Kantor BPBD Jateng, Jalan Imam Bonjol, Semarang, Selasa (4/10).

Dia menambahkan melalui informasi badan meteorologi klimatologi  dan Geofisika (BMKG) terkait informasi cuaca terus diterima oleh BPBD.

Namun demikian, dia menambahkan masyarakat yang berlokasi di wilayah rawan banjir dan longsor umumnya memiliki kearifan lokal terkait akan datangnya bencana.

“Kalau ada tanda-tanda langit gelap, hujan petir maka masyarakat siap untuk mencari lokasi yang lebih aman melalui jalur evakuasi,” tuturnya.

Jika terjadi bencana besar, lanjutnya, tidak hanya BPBD yang akan terjun langsung. Namun, akan dibantu juga dari Tim SAR, Basarnas dan TNI/Polri. (RS)

51
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>