Sebarkan berita ini:

28-tadah HujanSEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengimbau masyarakat di daerah bisa melakukan penyimpanan air  “panen hujan”, untuk persediaan kebutuhan mereka menghadapi masa musim kemarau yang akan terjadi Agustus mendatang.

Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan perkiraan Badan metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agustus mendatang memasuki musim kemarau.

“Untuk mengantisipasi kebutuhan air pada masa kemarau, warga di daerah harus melakukan “Panen hujan” dengan menampung air hujan yang turun saat ini (Juli ini),” ujarnya Kamis (28/7)

Saat ini, lanjutnya, masih kemarau basah dan di sejumlah daerah masih turun hujan, namun Agustus mendatang diperkirakan masuk musim kemarau yang akan terkena dampaknya di antaranya Kabupaten Wonogiri, Klaten dan Boyolali.

Di daerah itu, dia menambahkan harus bisa memanfaatkan hujan saat ini untuk ditampung, kemudian dapat dimanfaatkan mereka saat kemarau.

Menurutnya, sebagai upaya antisipasi kemarau, pihaknya beserta kabupaten di wilayah Jateng terdampak kemarau,  akan melakukan pengadaan air bersih.

“Di setiap Bakorwil yang tersebar di Jawa Tengah, seperti tahun sebelumnya telah menyiapkan 1.500 hingga 2.000 tanki air,” tutujrnya.

Selain itu, dia menambahkan pihak kabupaten kini juga tengah siap dan akan didorong untuk pengadaan drone guna memetakan area yang terdampak kemarau.

“Dana bantuan Pemerintah Pusat, akan saya dorong untuk kabupaten menganggarkan pengadaan drone itu, guna memetakan area yg terdampak kemarau. Selain itu, drone tersebut diharapkan dapat memantau titik sumber air ada dimana, sehingga akan bisa digunakan program pipanisasi dan pembuatan sumur,” paparnya. (RS)

 

255
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>