Sebarkan berita ini:

Rumah murahSEMARANG[SemarangPedia] – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Jateng dan DIY akan menggandeng sejumlah bank, untuk melayani pemberian kredit rumah murah bagi para pekerja formal peserta BPJS.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jateng dan DIY Achmad Hafiz mengatakan progam pemberian kredit rumah murah bagi pekerja itu, mulai dibuka April ini dan sejumlah bank lokal sudah menyatakan siap bekerja sama.

“Pemberian kredit rumah murah itu merupakan progam nasional yang diluncurkan tahun ini dan Jawa Tengah siap melaksanakan dengan dengan bunga kredit rendah dan terjangkau,” ujarnya. Jumat. (22/40

Menurutnya, bagi pekerja formal akan diberikan kemudahan mengakses pengajuan kredit rumah itu, tentunya mereka yang sudah memiliki kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Progam tersebut, dia menambahkan merupakan kelanjutan program pemerintah pusat, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Pemberian kredit rumah murah ini, pekerja memperoleh subsidi bunga bank yang bervariatif dan jauh lebih rendah dibanding kredit rumah lainnya,” tuturnya.

Skema penyaluran kredit rumah murah itu hampir sama dengan pemberian kredit dari bank umum, peserta BPJS wajib mengajukan persetujuan dari bank, kemudian pihak bank menerusan kepada BPJS.

Proses selanjutnya, dia menambahkan BPJS akan melakukan pengecekan  list untuk mengaudit kepesertaan dari perusahaan dimana mereka bekerja.

“Perusahaan yang aktif ikut BPJS, upah pekerjanya apakah sudah sesuai UMK serta prestasi kinerjanya. Jika itu sudah dilakukan pengecekan dan benar pekerja akan lolos, sehingga BPJS  merekomendasikan ke bank untuk pencairan kredit rumah bagi mereka,” ujarnya.

 

102
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>