Sebarkan berita ini:

6-Minuman MembahayakanSEMARANG[Semarangpedia] – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Semarang berhasil mengamankan 146.000 minuman kemasan ilegal dari sebuah perusahaan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Selain memalsukan ijin edar dari Balai POM dan sertifikat halal dari MUI, minuman tersebut juga diketahui mengandung pemanis buatan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ratusan ribu minuman kemasan ini disita dari PT Starfood Jaya Prima yang terletak di Jalan Raya Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Senin. (6/9).

Minuman kemasan berjenis minuman isotonik dan minuman anak-anak itu juga diketahui tidak memiliki kesamaan pada kandungan yang dicantumkan di dalam kemasan minuman. Dari hasil uji laboratorium sementara diketahui, jika minuman kemasan tersebut mengandung zat sakarin, yaitu pemanis buatan yang bila dikonsumsi berlebihan dan sangat  membahayakan bagi kesehatan tubuh.

6-Minuman Ilegal“Minuman itu sebaiknya tidak dikonsumsi bagi anak di bawah lima tahun, ibu hamil dan menyusui karena dampaknya jika diminum dalam jumlah banyak minuman yang mengandung zat sakarin, yaitu pemanis buatan, dipastikan bakal menganggu organ tubuh di antarannya bisa menimbukan penyakit kanker,” ujar Endang Pudjiwati, Kepala Balai POM Semarang.

Minuman  kemasan iitu, lanjutnya, rencananya akan diuji laboratorium guna mengetahui kandungan lain yang terdapat dalam minuman tersebut. Sementara untuk pemilik, A-B,  jika terbukti memalsukan ijin peredaran akan dikenakan pasal 142 nomor 18 tahun 2012, tentang pangan, dengan ancaman hukuman dua tahun penjara dan denda maksimal Rp4 miliar. (HN/RS)

476
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>