Sebarkan berita ini:

9-Razia1SEMARANG[SemarangPedia] – Petugas Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Semarang, melakukan razia makanan buka puasa atau takjil dan sejumlah takjil yang dilakukan sampel pemeriksaan langsung dengan laboratorium keliling, petugas menemukan adanya bahan berbahaya yang digunakan sebagai campuran makanan dan minuman yaitu rodhamin.

Razia makanan dan minuman buka puasa atau takjil dilakukan di Jalan Pahlawan Semarang. Petugas BPOM Semarang melakukan uji sampel terhadap sejumlah makanan dan minuman, di antaranya, mie goring, es buah, kue lapis merah, es krimmer, bakso dan cilok. Dari sampel tersebut petugas menemukan adanya kandungan zat berbahaya.

Zat pewarna rodhamin ditemukan petugas dalam makanan kue lapis warna merah, sedangkan untuk sampel tes zat formalin tidak ditemukan adanya kandungan tersebut.

Menurut Ariyanti Kabid Sertifikasi dan Layanan Konsumen BPOM Semarang, pihaknya akan terus mengawasi peredaran makanan dan minuman khususnya di bulan Ramadan.

9-Laboratorium1“Uji takjil ini, uji rutin saat bulan puasa dan menjelang lebaran lebih kita intensifkan

Untukpengujian yang dilakukan dengan uji cara cepat untuk mengetahui kandungan pada makanan berbahaya apat tidak”,  ujarnyai saat melakukan rasia, Kamis sore. (9/6)

Dia menatakan kandungan zat berbahaya seperti rodhamin dan formalin tidak seharusnya digunakan atau dicampur dengan makanan atau minuman, sebab jika dikonsumsi oleh tubuh akan menimbulkan efek negative.

“Rodhamin dan formalin  sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia” ujarnya.

Dalam razia ini, petugas hanya melakukan pendataan dan pengarahan kepada penjual takjil, apabila dalam waktu ke depan tetap menjual, petugas akan menyita dan memberikan sanksi. (HN/RS)

 

128
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>