Sebarkan berita ini:

28-bus-armada-pariwisataSEMARANG[SemarangPedia] –  Pengelola biro perjalanan wisata (BPW) kelas menengah kecil terancam kesulitan memperoleh carteran armada bus pariwisata untuk melayani sejumlah paket liburan Natal dan akhir tahun, akibat semua armada bus itu nyaris habis dipesan oleh BPW bermodal besar.

Pengelola biro wisata Real Tour Semarang, Bambang Sri Wahyono mengatakan BPW menengah kecil bakal kesulitan mendapat armada bus pariwisata, karena semua pengusaha bus pariwisata armadanya sudah dipesan BPW besar yang selama ini telah menjalin kerja sama.

Menurutnya, sejumlah pemesanan paket liburan akhir tahun ini dari masyarakat baik, rombongan sekolah, instansi, BUMN maupun kelompok keluarga besar dan lainnya yang akan memnafaatkan liburan terpaksa dibatalkan.

“Kami terpaksa membatalkan pemesanan paket wisata, karena hingga kini semakin kesulitan mendapatkan bus pariwisata untuk keperluan  liburan Desember mendatang,” ujarnya, di Semarang, Senin. (28/11)

Dalam satu minggu terakhir ini, lanjutnya, sebenarnya sudah ada tiga pemesanan paket wisata untuk liburan pergantian tahun baru. Namun, ironisnya bus yang dipesan tidak bisa memastikan kesiapannya.

Kondisi itu, dia menambahkan dikhawatir jika mendekati agenda keberangkatan pengusaha bus tidak dapat memenuhi pemesanan, hingga berpotensi mengakibat terjadi klaim dari masyarakat konsumen kepada BPW.

“Jika itu terjadi sudah dapat dipastikan BPW akan mengalami kerugian yang tidak sedikit, mengingat kesanggupan tentunya konsumen telah memberikan uang tanda jadi (DP). Pembatalan sepihak bukan hanya mengembalikan uang tanda jadi, namun kerugian mereka harus dipenuhi,” tuturnya.

Dia menuturkan, untuk mendapatkan bus pariwisata telah diupayakan dengan mememsan pengusaha bus hingga ke luar Jateng, seperti dari Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI. Namun, tidak juga berhasil diperoleh. Kalaupun ada hanya bus yang sifatnya cadangan dengan usia armada lebih tua.

“Jika kami memaksakan dengan menggunakan armada itu, dikhawatirkan dalam perjalanan akan mengalami kendala, selain berpotensi mogok, juga kenyamanan tidak sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Pengelola Biro wisata Bintanglima Tour Semarang, Faqih Normansyah senada menuturkan  tingginya animo masyarakat  berwisata  pada liburan ahhir tahun tidak bisa diimbangi dengan jumlah persediaan bus pariwisata.

“Kami juga kesulitan, liburan panjang Desember mendatang semakin banyak anak sekolah baik itu siswa SD dan  SMP, SMA yang akan memanfaatkan paket wisata. Namun, kami tidak bisa melayani karena kehabisan armada bus,” tutur Faqih. (RS)

245
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>