Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang dikenal memiliki jaringan hingga ke pedesaan sangat tepat jika mampu mendampingi kalangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), agar semakin berkembang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan UMKM merupakan sokok guru perekonomian rakyat yang tahan banting, ditengah gejolak krisis ekonomi, hingga sangat layak mendapat pendapingan BRI.

“BRI sangat tepat mendampingi UMKM, karena sesuai khittohnya yang sebenarnya, sebagai bank rakyat sejak didirikan beberapa tahun silam,” ujarnya saat membuka Parade UMKM BRI, di Stadion Tri Lomba Juang Semarang, Jumat. (5/5)

UMKM, lanjutnya, yang telah membuktikan mampu mendorong ekonomi rakyat hingga bisa mandiri atau berdikari. Presiden RI Pertama Bung Karno pun tah henti-hentinya menyerukan berdikari di bidang ekonomi melalui Tri Sakti maka UMKM yang paling tepat.

Menurutnya, UMKM membutuhkan keterampilan selain melalui pelatihan juga memerlukan akses perbankan untuk permodalan maupun pengembangan usaha hingga ke depan mereka mampu mandiri.

“Kebutuhan itu juga perlu pendampingi, agar usaha mereka cepat berkembang hingga mandiri, kemudian pendaping melepasnya,” tuturnya.

Ganjar mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BRI karena UMKM tidak hanya bisa tampil dan menjual produknya tetapi juga ada coaching clinic, bagaimana UMKM memasarkan hasil produksinya, mengurus hak paten dan kekayaan intelektualnya.

Sementara parade UMKM BRI itu diikuti sebanyak 100 tenant yang kan berlangsung mulai Jumat (5/5) hingga Minggu (7/5).

Direktur Mikro BRI Muhammad Irfan menuturkan kegiatan itu dilaksanakan untuk pertama kalinya dan Kota Semarang menjadi lokasi pilihan. Peseta parade terdpat tiga kategori UMKM yang ikut meramaikan meliputi UMKM sektor kuliner, fashion dan aksesoris, selain beberapa stan makanan.

“Kegiatan itu juga akan digelar di berabagai kota provinsi lain, setelah di Kota Semarang sukses dan diharapkan  peserta Parade UMKM akan menjadi komunitas, sehingga lebih memudahkan menjalin komunikasi dengan komunitas UMKM di daerah lain,” ujarnya.

86
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>