Sebarkan berita ini:

6-gubSEMARANG[SemarangPedia] – Kegiatan skala internasional BTN Tour de Borobudur (TDB) XVI siap digelar pada 18-19 Nopember mendatang, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah Jateng, sekaligus untuk melahirkan prestasi olahraga cabang sepeda.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan  Event BTN Tour de Borobudur (TDB) XVI merupakan salah satu strategi, untuk menarik wisatawan sebanyak mungkin mengunjungi Jawa Tengah, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurutnya, melalui event berkelas internasional itu dipastikan Jateng mampu mendongkrak animo masyarakat baik lokal maupun mancanegara untuk melihat secara langsung kegiatan olahraga bersepeda dan berwisata di berbagai obyek wisata di provinsi ini.

“Kita mau mengkolaborasi antara tourism dan sport. Olahraga bersepeda ini luar biasa pesertanya, minat perwakilan dari berbagai daerah dan termasuk perwakilan berbagai negara. Maka saya mengharapkan betul kerja sama bisa terus berkelanjutan,” ujarnya saat me-launching Pendaftaran BTN TDB XVI di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Selasa (4/10).

Dia menuturkan untuk lebih mengenalkan BTN TDB XVI, telah dilakukan promosi saat mengikuti gelaran bersepeda yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, beberapa hari lalu.

“Pada kegiatanitu saya lihat hampir seluruh perwakilan negara hadir dan ternyata mereka juga sudah bertanya. Maka sekaligus saya sempatkan untuk promosi,” tuturnya.

Dia mengharapkan event olahraga fun bike ini dapat memperkenalkan  Jawa Tengah ke dunia internasional. Pasalnya, rute perjalanan yang dilalui, peserta disuguhi pemandangan dan destinasi wisata yang eksostis, lengkap dengan masyarakatnya yang ramah.

5-fine-bikeKetua Panitia BTN TDB XVI Hendry Dwiyanto mengatakan penyelenggaraan event bekerja sama antara Club Sepeda Samba, BTN, Dinpora Provinsi Jawa Tengah, dan Dinbudpar Provinsi Jawa Tengah, untuk tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, menurutnya, ada tiga kategori, yakni kategori A dengan jarak tempuh 275 km selama dua hari, kategori B sepanjang 75 km dan kategori C 15 km.

“Dari pengarahan Gubernur Ganjar akhirnya kami kembangkan menjadi tiga kategori. Penyelenggaraan tahun ini akan lebih menarik dari tahun sebelumnya,”ujarnya.

Antusiasme peserta BTN TDB XVI, lanjutnya, sangat besar karena sebelum pendaftaran resmi dibuka sudah  sekitar 1.500 peserta yang mendaftar diri.

“Untuk biaya pendaftaran, kategori A dibandrol Rp1,65 juta. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas menginap di hotel dan dua kali gala dinner. Untuk kategori B tiketnya dihargai Rp200.000 dan kategori C digratiskan,” tuturnya. (RS)

178
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>