Sebarkan berita ini:

6-gigiSEMARANG[SemarangPedia] – Persatuan  Dokter Gigi Indonesia (PGDI) mengandeng PT Unilever Indonesia dan Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang mengelar layanan kesehatan gigi gratis, yang dikemas dalam Bulan Kesehatan Gigi Nasional.

Kegiatan itu, digelar di kampus UNISSULA Semarang pada 6 Okober 2016 dan ditargetkan bisa melayani secara nasional sebanyak 1000 partisipan.

Drg Ratu Mirah Afifah, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Tbk mengatakan dengan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Kesehatan Gigi dan Mulut diharapkan warga Jawa Tengah, khususnya Semarang semakin meningkat dengan gigi sehat hingga seseorang mudah tersenyum dan bahagia.

“Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang dilaksanakan di 21 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) di Indonesia dan keempat di Jawa Tengah, sebagai upaya untuk mengarahkan khususnya orang tua kepada anaknya agar membudayakan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ujar Ratu yang juga mewakali PGDI.

Drg Suryono, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unissula menuturkan ada sejumlah fakor permasalahan gigi yang dialami oleh beberapa anak, khususnya di Semrarang

“Selama ini kebiasaan yang sering dilakukan anak masih dianggap sepele dan dapat berpotensi merusak kesehatan gigi dan mulut di antaranya seringnya minum dot, menghisap jempol, ngemil dan memakan makanan manis,” ujarnya.

Berdasarkan data Riskesdas 2013 menyebutkan dari 94,6% masyarakat Jawa Tengah yang telah melakukan menjaga kesehatan dengan menggosok gigi, tercatat hanya 1,7% di antaranya yang melakukan gosok gigi dengan baik dan benar.

Sementara hasil penelitian lain menyebutkan ibu yang mendampingi anak-anaknya menggosok gigi mempunyai pengaruh signifikan terhadap resiko gigi berlubang sebesar 32% di permukaan gigi dan 56% di lapisan dalam gigi.

“Untuk itu, sudah seharusnya orangtua berperan tidak hanya menyuruh, tetapi mengajak secara langsung dan menjadikan kegiatan menggosok gigi secara bersama,” tuturnya. (RS)

123
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>