Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Perum Bulog Divre Jawa Tengah menjamin stok bahan pangan untuk kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran 2019 aman, setelah stok yang dipersiapkan mencukupi untuk kebutuhan hingga loma bulan ke depan.

Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng Juaheni mengatakan stok bahan pangan Bulog sangat mencukupi untuk kebutuhan pada Ramadan dan Lebaran mendatang, dan persdeian pangan itu tersimpang di gudang-gudang milik Bulog.

Saat ini, lanjutnya, ketersediaan stok pangan untuk beras medium Bulog mencapai sebanyak 104.207,36 ton, beras premium 10.622,85 ton, sedangkan tok gula Bulog mencapai 2.066,97 ton, daging kerbau 10,74 ton, minyak goreng 78,651 ton, bawang merah 26 ton, daging ayam 0,10 ton, dan telur 9,96 ton.

“Persediaan panagna itu sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan Ramadan. Bahkan beras aman mencapai 100.000 ton lebih, baik premium maupun medium, sehingga cukup untuk keperluan selama Ramadan dan Lebaran. Selain beras, produk lain yang siap dipasarkan terdiri minyak, gula, tepung, daging siap,” ujarnya.

Menurutnya, untuk penyerapan yang dilakukan Bulog Divre Jateng selama April 2019 lalau di beberapa daerah cukup bagus. Selain itu, untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan yang biasa terjadi saat Ramadan, Bulog juga telah menyiapkan berbagai strategi agar harga tetap terkendali.

Bulog, tutur Jauheni, akan serius memantau pergerakan harga yang terjadi di pasaran dan akan menggelar operasi pasar (OP) ketika harga sudah terlalu tinggi dan tak ternedali di pasaran.

“Kenaikan kenaikan harga tetap akan diatnisipasi dengan menggelar operasi pasar, sebagai upaya penjualan untuk segala bahan pangan tidak terjadi kenaikan siginifikan,” tuturnya. (RS)

 

6
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>