Sebarkan berita ini:

PrambananSLEMAN[SemarangPedia]- Upaya pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar) tidak hanya slogan kini serius bakal digarap, setelah 12 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen mendukung progam pariwiata itu.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pengembangan pariwisata di kawasan Joglosemar segera terwujud, setelah ada perjanjian kerja sama untuk promosi pariwisata, pengembangan kawasan wisata, dan integrasi antarmoda transportasi di koridor Joglosemar oleh 12 BUMN..

“Komitmen bersama 12 BUMN dalam mendukung tercapainya target kunjungan sebanyak 2 juta wisatawan di kawasan Joglosemar hingga 2019 mendatang,” ujarnya saat berkunjung Di Candi Prambanan, Rabu. (27/4).

Saat ini, lanjutnya, kunjungan ke kawasan tersebut masih sekitar 200.000 wisatawan setiap tahunnya, mengalami peningkatan 10 kali dari jumlah kunjungan tahun sebelumnya.

Mitra BUMN dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan, juga akan diwujudkan untuk ikut mendorong pembangunan Bandara Internasional Kulon Progo, Yogyakarta dan revitalisasi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai pintu masuk wisatawan dengan kapal pesiar.

Selain itu, dia menambahkan jalur rel kereta api yang menghubungkan Bandara Adi Soemarmo, Solo, dengan jalur kereta api ke Yogyakarta jjuga siap dibangun.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan kawasan Joglosemar merupakan kawasan segitiga ekonomi di Pulau Jawa. Kawasan tersebut memiliki daya tarik wisata yang sangat khas, khususnya terkait dengan budaya daerah.

“Joglosemar memiliki banyak peninggalan budaya yang terkenal di dunia. Ada (Candi) Borobudur, Keraton Jogja dan Solo, (Candi) Prambanan, dan masih ada daya tarik wisata lainnya,” tuturnya.

98
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>