Sebarkan berita ini:

1_GROBONGAN [SemarangPedia] – Bupati Kabupaten Grobogan Sri Sumarni, SH. MM mencanangkan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) di Perpusda Grobogan, Sabtu (15/10). Gerakan ini dicanangkan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Grobogan yang gemar membaca dan menulis.

“Gerakan ini sangat sesuai untuk dikembangkan di Kabupaten Grobogan. Gerakan ini akan mengawali langkah untuk membangun masyarakat Grobogan Literat untuk mewujudkan Grobogan sebagai Kabupaten Literasi,“ kata Bupati dalam sambutan tertulisnya kepada semarangpedia.com, Selasa (18/10).

GPMB dilaksanakan dalam bentuk membaca minimal 15 menit setiap hari. Masyarakat dan warga Grobogan akan didorong melalui program-program yang dilakukan oleh Perpusda. Diantaranya melalui perpustakaan keliling, pengadaan dan manajemen perpustakaan di sekolah dan penguatan peran orang tua serta masyarakat untuk membaca dan mendampingi anak dalam membaca di rumah setiap hari.

Kepala Perpusda, Dra Endang Sartini MM disela deklarasi menyampaikan dasar digalakkannya gerakan ini. Bahwa minat membaca masyarakat Grobogan masih minim. Hal ini juga terkait dengan hasil survei di tingkat internasional yang menyatakan rendahnya minat masyarakat Indonesia dalam membaca.

“Hasil Survei dari UNESCO tahun 2011 menyebutkan bahwa dari 1000 anak di Indonesia yang disurvei hanya ada 1 anak yang minat bacanya tinggi. Karena itu, penting sekali kita membuat gerakan masyarakat untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat,” kata Endang.

Pencanangan GPMB dilaksanakan dalam rangkaian bulan baca di Perpustakaan serta pameran buku dan kreasi anak hebat diperpustakaan daerah kabupaten. Dalam acara ini diundang berbagai pemangku kepentingan pendidikan, Inspektorat, Bappeda, sekolah, guru,siswa dan lembaga pemerhati pendidikan seperti USAID PRIORITAS.

Dalam acara ini juga ditampilkan berbagai tampilan siswa berprestasi di Grobogan. Mereka menampilkan berbagai prestasi untuk mendorong bahwa dengan membaca dan menulis gerakan ini dimunculkan untuk menguatkan masyarakat Grobogan agar mampu untuk mendorong dan membantu implementasi pengembangan GPMB ini.

106
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>