Sebarkan berita ini:

10-Bugar1SEMARANG[SemarangPedia] – Bagi masyarakkat yang suka beraktifitas olahraga atau memiliki rutinitas yang tinggi, ada beberapa tips untuk tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa.

Menurut Instruktur Senam End Herda dari sanggar senam Herda Ungaran, ketika menjalankan ibadah puasa supaya tetap segar, sehat, bugar serta agar mulut tidak mengeluarkan bau tidak sedap yakni hindari minuman yang mengandung alkohol walaupun sedikit, makanan seperti petai, jengkol juga dihindari saat sahur.

Selain itu, lanjutnya,  jangan lupa minumlah teh hangat terlebih dahulu sebelum dan sesudah menikmati makanan saat sahur maupun berbuka agar kondisi tubuh lebih bugar karena rasa manis atau gula merupakan zat penambah tenaga.

“Bahkan  makanlah makanan yang mengandung empat sehat lima sempurna dan dikala berbuka janganlah langsung mengkonsumsi minuman dingin, namun, masyarakat lebih dianjurkan minum minuman manis hangat karena posisi perut masih dalam kondisi kosong dan setelah itu bisa konsumsi makanan dan minuman dingin,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pola olahraga ada beberapa pemanasan kecil yang harus dilakukan agar badan tetap bugar yaitu lakukan olahraga kecil baik itu senam,jogging ataupun fitnes secara teratur 45 sampai 55 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Tidak hanya itu, lanjutnya, saat melakukan senam mulailah dengan low impact atau fitnes ringan (berjalan kaki) dengan durasi waktu 40 hingga 50 menit.

End menuturkan olahraga harus tetap dilakukan walaupun sedang menjalankan puasa pasalnya olahraga sangat perlu untuk peredaran darah keseluruh tubuh. Namun, untuk senam memang hanya dianjurkan maksimal tiga kali dalam seminggu.

Sedangkan untuk jalan kaki, dia menambahkan boleh dilakukan setiap hari selain masyarakat jangan terlalu banyak tidur saat melakukan ibadah puasa karena akan membuat tubuh menjadi lemah dan pucat serta terakhir dianjurkan minum susu hangat saat sahur. (RS)

164
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>