Sebarkan berita ini:

20-Rumah Longsor1SEMARANG[SemarangPedia] –  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah daerah yang terkena bencana tanah longsor dan banjir mendata jumlah korban warga dan kerugian materiil

“Jumlah warga yang meninggal dunia, warga masih dirawat di rumah sakit berapa, serta kerugian harta benda, rumah, sawah. Samua agar dilakukan pendataan,” ujarnnya, di Semarang, Selasa (21/6).

Pendataan ini, lanjutnyar, untuk lebih memudahkan penanganan rehabilitasi dan  rekonsiliasi, termasuk masalah relokasi warga yang terkena dampak bencana bisa dilakukan secara akurat.

“Saya minta agar semua itu bisa segera dibereskan, sehingga penanganan bisa dilakukan dengan tepat,” tuturnya.

Seperti diketahui, akibat hujan deras yang mengguyur sejumlah daerah di Jateng telah mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor dan banjir pada Sabtu-Minggu (18-19/6).

Dearah yang terkena bencana di Jateng meliputi Kabupaten Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Sukoharjo, Wonosobo, Solo, Wonogiri,  Karanganganyar, Klaten, Pemalang, Magelang, dan Cilacap.

Bencana tanah longsor di Banjarnegara menyebabkan enam orang warga meninggal dunia, sedangkan banjir dan tanah longsor di Purworejo menyebabkan puluhan warga meninggal dunia, serta sebagian belum ditemukan.

Menurut Ganjar, untuk relokasi warga yang yang terkena dampak bencana tanah longsor, pemerintah daerah setempat agar segera mencari lokasinya.

Warga terdampak longsor, dia menambahkan di Kabupaten Purworejo telah bersedia untuk direlokasi ke tempat lain yang lebih aman.

”Saya sudah menanyakan kepada warga di Purworejo dan daerah lainnya apakah mauh dipindah, mereka bersedia,” ujarnya.

Dia mengatakan untuk anggaran relokasi akan ditanggung secara gotong royong oleh pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat serta lewat program corporate social responsibility (CSR) perusahaan.

”Penanganan relokasi warga terdampak akan dilakukan bersama antara pemerintah, masyarakat, dan pengusaha,” tuturnya.

 

100
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>