Sebarkan berita ini:

13-Pasar Sapi1SEMARANG[SemarangPedia] –  Kalangan peternak sapi dan kerbau mengisyaratkan kebutuhan daging sapi menjelang Lebaran mendatang dipastikan bakal melonjak hingga 20%, meski pemerintah telah berupaya mendatangkan sapi impor sejak April lalu dari sejumlaha negara produsen.

Ketua Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Bambang Whep mengatakan kebutuhan daging sapi menjelang Lebaran mendatang  bakal melonjak  hingga 20%, seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen untuk merayakan hari raya Idul Fitri itu.

Menurutnhya,  meningkatnya permintaan pasar itu, sudah dapat dipastikan bakal diikuti dengan lonjakan harga yang diperkirakan mencapai 20% menjadi sebesar Rp140.000 per Kg dari harga saat ini hanya Rp110.000 per kg

“Kenaikan harga daging menjelang Lebaran itu, merupakan hal yang wajar, yang umumnya terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, mengingat momen liburan bulan Ramadhan hingga Hari raya Idul Fitri meningkatnya kebutuhan juga dimanfaatkan pedagang untuk menaikan harga,” ujarnya di Semarang, Jumat. (13/5)

Dia menuturkan saat ini pemerintah telah mendatang impor sapi dari berbagai negara produsen, selain untuk memenuhi kebutuhan juga sekaligus untuk menekan harga di pasar lokal.

“Hingga saat ini, kebutuhan daging sapi di pasar dalam negeri masih cukup tinggi, mengingat kebutuhan masyarakat Indonesia akan nilai gizi terus meningkat,.” tuturnya.

Data PPSKI menyebutkan kebutuhan daging sapi secara nasional mencapai sebanyak 300.000 ton per tahun dan hingga saat ini belum mampu dipenuhi dari hasil peternak di berbagai sentra produksi.

“Kami menghimbau kepada pemerintah, untuk mencukupi kebutuhan daging dengan meralisasikan impor harus memperhatikan asal negara yang aman dari berbagai macam penyakit sehingga tidak menggangu peternak dan  masyarakat konsumen,” paparnya.(RS)

 

133
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>