Sebarkan berita ini:

4-ka-ciremaiSEMARANG[SemarangPedia] –  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi VI Semarang menargetkan 80%  tempat duduk Kereta Api (KA) Ciremai rute Semarang-Bandung PP terisi, setelah KA penumpang itu diluncurkan beberapa waktu lalu.

Kepala PT KAI Daops IV Semarang Andika Tri Putranto mengatakan animo penumpang dari Semarang – Bandung belakangan terus meningkat, dan terlihat pada KA Harina yang sudah melayani rute itu lebi dulu semakin dipenuhi penumpang.

“Sebelumnya KA Ciremai beroperasi hanya melayani jurusan Bandung-Cirebon PP, namun kemudian diperpanjang hingga Semarang,” ujarnya saat peluncuran KA Ciremai di Stasiun Tawang, Semarang, Senin. (3/10)

Menurutnya, perpanjangan rute KA Ciremai itu untuk memfasilitasi penumpang dari Semarang yang akan bepergian menuju Bandung, atau sebaliknya dari Bandung-Semarang.

“Dengan perpanjang rute kereta api itu, kini ada alternatif  KA lain dengan tujuan Semarang-Bandung. Selama ini, kan hanya dilayani KA Harina. KA Ciremai berangkatnya juga lebih awal, sore hari,” tuturnya.

Saat ini terdapat dua kelas dalam rangkaian KA Ciremai, yakni bisnis disediakan empat rangkaian  gerbong dan eksekutif  dua rangkaian gerbong dengan kapasitas total penumpang sebanyak 356 tempat duduk.

Selama ini, dia menambahkan okupansi KA Harina yang melayani rute Semarang-Bandung PP cukup tinggi mencapai 90% terutama pada  menjelang weekday dan 100% pada weekend.

“Dengan kehadiran KA Ciremai ini, diharapkan bisa menjadi alternatif bagi penumpang untuk memilih kereta api jurusan Semarang-Bandung . Kami targetkan okupansinya bisa sampai 80%,” ujarnya.

Dia menuturkan untuk harga tiket KA Ciremai bergantung dengan kelas, yakni Rp120.000-180.000 per tempat duduk untuk bisnis dan Rp200.000-Rp260.000 per tempat duduk untuk kelas eksekutif.

“Ya, dengan harga sebesar itu, kami berani bersaing dengan moda angkutan yang lain, seperti bus. Setidaknya, masyarakat punya lebih banyak pilihan kalau mau bepergian ke Bandung,” tuturnya.

245
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>