Sebarkan berita ini:

2-fasihionSEMARANG[SemarangPedia] – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang menggelar Semarang Industri Fashion (SIF) di UTC Hotel selama tiga hari mulai 1 hingga 3 Desember mendatang, sebagai upaya untuk mengangkat potensi kerajinan serta memadukan kreasi antara perajin batik lokal dengan sejumlah desainer.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan kegiatan SIF berpotensi untuk industri fashion di ibukota Jawa Tengah.

Menurutnya, even SIF mengangkat kolaborasi antara desainer dengan perajin batik yang berasal dari sejumlah sentra batik di wilayah Kota Semarang.

“Mereka tidak hanya menampilkan identitas atau ikon Kota Semarang seperti asem, warag endog, dan bangau. Namun, juga memadupadukan kerajinan lain, seperti tenun dan lurik sehingga menghasilkan busana yang indah dan bernilai jual tinggi,” ujarnya, di Semarang.

Ke depan, lanjutnya, SIF tidak hanya mengkolaborasikan antara perajin dengan desainer tapi juga akan dikaitkan pula dengan destinasi wisata di Kota Semarang.

Langkah itu ditempuh, dia menambahkan agar potensi wisata yang ada di Kota Semarang dan batik dapat terangkat secara beriringan hingga dikenal ke mancanegara.

“Tentunya ke depan kita akan lebih sering-sering membuat event seperti ini, tapi konsepnya outdoor. Mungkin di Kota Lama atau di tempat-tempat lain yang tentunya bisa menjadikan kolaborasi antara wisata dan juga potensi batik Semarang,” tutur wanita yang akrab disapa Mbak Ita itu.

Kegiatan SIF 2016 diikuti sebanyak 76 industri kecil menengah (IKM) mulai dari industri batik, sepatu, tas dan berbagai kerajinan lainnya. Pembukaan pameran ini menampilkan fashion show karya desainer-desainer kondang seperti Ina Priyono, Inge Chu, Christine Wibisono, Elkana Goenawan, Pinky Hendarto, Agustienna Siswanto, Fenny Chen, David Yan, Evelyn Laurang, Widya Andhika, Sudarna Suwarsa, dan Soese Asmadhi yang berkolaborasi dengan perajin batik lokal. (RS)

273
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>