Sebarkan berita ini:

3-Pengrajin KriyaSEMARANG[SemarangPedia]- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah menyarankan kepada kalangan pengrajin, khususnya produk kriya agar memanfaatkan media online untuk memperluas pasar.

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan di wilayah Jawa Tengah pengrajin agar memasarkan produknya melalui media online, mengingat biayanya murah dan ruang lingkupnya jauh lebih luas untuk membidik konsumen, sehingga akan memangkas rantai distribusi pemasaran.

Saat ini, lanjutnya, pemasaran produk kriya masih menjadi permasalahan yang harus dicarikan solusi. Salah satu solusinya melalui media online yang ruang lingkupnya jauh lebih luas, dengan biaya murah.

“Selain biaya murah, sekaligus memangkas rantai distribusi pemasaran, mengingat pengenalan dan pelatihan menggunakan fasilitas internet, perlu diberikan kepada para pengrajin,” ujarnya saat penilaian Dekranasda Award Provinsi Jawa Tengah 2016, di Semarang, Rabu (10/7).

Persoalan lain yang harus diatasi, lanjutnya, berkaitan kaderisasi yang cenderung melambat. Pasalnya, lebih banyak anak muda yang memilih bekerja sebagai karyawan kantoran yang notabene tidak memerlukan modal, ketimbang berkecimpung di UMKM.

“Dengan demikian, saya minta Dekranasda Kabupaten/ Kota tidak mengabaikan pengaderisasi usaha kriya di wilayahnya,” tuturnya.

Di sisi lain, Atiqoh mengharapkan agar para pengrajin segera membentuk forum usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Melalui forum tersebut,  mereka dapat berkomunikasi dengan sesama pengrajin terutama menyangkut pengembangan produk hingga penyelesaian persoalan yang dihadapi.

“Mereka bisa berdiskusi di media sosial maupun di dunia nyata untuk tukar pengalaman, membahas isu-isu, kendala dan sebagainya. Bahkan, kalau ada produk baru, mereka bisa saling mempromosikan,” ujarnya. (RS)

138
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>