Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] – Kabupaten Demak menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) 2018, sebagai upaya untuk mendorong inovasi bagi setiap desa di wilayah pesisir itu yang diharapkan mampu mengangkat potensi produk unggulan di tingkat nasional maupun internasional.

Kegiatan itu, digelar melalui Dinpermasdes P2KB Kabupaten Demak yang juga sebagai bursa inovasi dan merupakan forum pertukaran serta penyebaran inovasi masyarakat yang berkembang di desa.

Bupati Demak HM Natsir mengatakan saat ini setiap desa minimal memiliki satu inovasi dengan pemberdayaan masyarakat, sehingga bermuara pada produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi bisa beraneka bidang, namun sesuai potensi unggulan yang dimiliki di antaranya hasi pertanian, perikanan, peternakan, sumber daya alam lainnya, bahkan bisa juga UMKM.

Dengan demikian, lanjutnya, desa yang maju adalah desa yang berani berinovasi hingga mampu mengangkat potensi ungguannya di tingkat provinsi, nasional bahan internasional.

Ketua Panitia BID Kabupaten Demak 2018 H Bambang Susetyaryo SIP menuturkanbursa inovasi merupakan forum pertukaran dan penyebaran inovasi masyarakat yang berkembang di desa.

“Dengan dipamerkannya berbagai karya inovasi  Tim Inovasi Kabupaten dan Tim Pelaksana Inovasi Desa Tingkat Kecamatan se – Kabupaten Demak diharapkan mampu menjadi  referensi dan inspirasi para pelaku pembangunan di desa,” ujarnya, Kamis (8/11).

Menurutnya, puluhan inovasi karya kreatifitas perorangan maupun kelompok yang memanfaatkan potensi unggulan lokal ikut meramaikan bursa inovasi itu hingga stand yang disediakan terisi penuh.

BID yang dipusatkan di halaman Setda Demak menampikan berbagai hasil kreatifitas waga desa, mulai dari kerajinan tangan berbahan baku gedebog atau batang pisang, hingga pemanfaatan burung hantu ‘Tyto Alba’ sebagai perdator alami tikus untuk perlindungan lahan pertanian.

Selain, beberapa teknologi tepat guna karya ilmiah mahasiswa Unisfat Demak juga ikut tampil serta produk-produk kreatif kelompok atau lembaga binaan OPD terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinkominfo, juga Baznas Kabupaten Demak. (RS)

 

4
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>