Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] –
Ratusan warga Demak padati Jalan Sultan Fatah, Minggu (10/2). Mereka berkerumun menunggu kedatangan rombongan Pawai Panjang Jimat.

Pawai ini merupakan agenda tahunan warga Demak dalam rangka memperingati hari wafat/haul akbar Raden Abdul Fatah Sayyidin Panotogomo (raja pertama kesultanan Bintoro Demak paska runtuhnya Majapahit) ke-516.

Bupati Demak HM Natsir mengatakan makna diadakan pawai panjang jimat ini untuk mengenang jasa-jasa pejuang dan pendiri kesultanan Demak agar selalu diingat masyarakat bahwa Demak memiliki mahakarya sejarah yang diukir para raja jaman dulu.

“Arak-arakan ini diikuti ratusan masyarakat, dimulai dari barisan TNI, Polri, Pelajar Sekolah SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MAN Demak, Pondok Pesantren dan perguruan tinggi yang ada Demak,” ujar Natsir di Demak, Minggu (10/2).

Ketua takmir Masjid Agung Demak, Abdullah Syifa menuturkan peserta pawai sebanyak 58 kelompok dan 203 anak mengikuti khitanan massal yang dimeriahkan dengan menaiki 25 andong. Peserta khitanan tahun ini meningkat jumlahnya dibanding tahun sebelumnya, banyak peserta khitanan berasal dari luar Demak meliputi Pati, Purwodadi, Rembang, Kudus dan Semarang.

“Semoga bisa mendapatkan berkah dan manfaat. Alhamdulillah setiap anak mendapatkan uang sebesar Rp250.000 untuk bantuan berobat dan seperangkat alat solat berupa peci, baju serta sarung,” tutur Syifa.

Menurutnya, pawai panjang jimat memang ditunggu-tunggu oleh warga Demak. Setiap tahun, pawai selalu dibikin unik, kreatif dan bagus sehingga dapat mengundang daya tarik penonton.

Pawai dimulai pukul 07.00 WIB dengan mengambil titik start di depan Masjid Agung Demak, melewati panggung kehormatan menuju jalan kawasan pecinan – pertigaan pasar – jalan pemuda -pertigaan Bhayangkara dan finish di Polres lama.

Fachri warga Bogorame Mangunjiwan Demak mengatakan kakaknya menjadi peserta pawai ini.

“Ini sekalian menonton aksi kakak dan teman-teman saya yang ikut pawai,” ujarnya. (FA/RS)

14
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>