Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Puncak acara Dies Natalis ke-50 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (FPIK Undip) yang digelar pada Sabtu (13/10) bakal diisi pencatatan Rekor MURI “Pengasapan ikan cakalang pertama menggunakan asap cair”.

Ketua Panitia Dies Natalis ke 50 FPIK Undip Dr. Ir. Herry Boesono, M.Pi mengatakan pengasapan Ikan Cakalang dengan asap air merupakan yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Menurutnya, kegiatan yang akan digelar di lingkungan kampus FPIK Undip itu menyediakan 300 ikan cakalang dengan total berat 200 Kg dan akan pajang berjejer sepanjang 50 meter.

“Kegioatan ini akan memecahkan rekor MURI pertama di Indonesia, karena sebelumnya belum pernah ada,” ujarnya di gedung C FKIP Undip, Kamis (11/10).

Ketua Dewan Penasehat Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) Widodo Farid Makruf menuturkan ikan cakalang merupakan sejenis ikan Tuna dan banyak ditemukan di perairan laut Ambon.

“Ikan ini mengandung histamin tinggi yang merupakan satu diantara komponen kimia yang menyebabkan alergi. Tetapi dengan pengasapan cair, ikan cakalang ini akan menjadi aman,” tuturnya

Aap cair, dia menambahkan tidak mengandung racun dan sesuai standar kesehatan. Zat-zat yang berbahaya akan menjadi aman jika diberi asap cair karena tidak banyak senyawa kimia.

Sementara rangkaian acara dies natalis itu,  setelah Pengasapan Ikan akan dilanjutkan lomba masak ikan cakalang oleh  Gerakan Memasak Ikan Cakalang (Gemilang).

Rangkaian acara selanjutnya, pada Sabtu malam (13/10) akan ditutup dengan Gebyar Kerapu diramaikan sejumlah artis seperti D’bagindas, Said Bajuri, Ivan Govinda dan band lokal. (RS)

60
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>