Sebarkan berita ini:

5-Pemertiksa hewan kurbanSEMARANG[SemarangPedia] – Dinas Pertanian Kota Semarang mulai melakukan uji kesehatan hewan kurban di sejumlah penjual hewan kurban di Kota Semarang mednjelamng Hari Raya Idul Adha.

Sejumlah tempat penjualan hewan kurban  di antaranya di wilayah Manyaran, satu per satu  hewan kurban baik sapi maupun kambing, tidak luput dari pemeriksaan dokter hewan.

Menurut Rusdiana Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, pemeriksaan kondisi hewan meliputi mata, gigi, badan hewan dan juga aktivitas hewan selama di penampungan hewan kurban, sebagai syarat hewan kurban.

“Kita cek kondisi hewan yang dijual meliputi mata, gigi, badan hewan dan juga aktifitas hewan selama di penampungan hewan kurban,”, ujarnya, Senin. (5/9)

Dari hasil pemeriksaan, tiga hewan terindikasi terjangkit penyakit kulit di sekitar mata. Dengan ciri fisik lemas dan nampak adanya pembengkakan di mata, bahkan hewan kurban tersebut kini dipisah. Bagi hewan yang sehat, petugas memberikan kalung tanda lulus pemeriksaan

“Mengenai hewan yang kurang sehat ciri fisiknya lesu, nafsu makannya kurang atau tidak mau makan, bulunya tidak bersih dan hewan itu sendiri kondisinya lemah,” tuturnya.

Sementara itu, supomo penjual hewan kurban mengatakan untuk hewan yang sakit akan dipisah dan tidak di jual.

“Hewan yang sakit  tadi diberi vitamin oleh petugas. Saya pisahkan dan tidak akan saya jual, tetapi kalau ada pembeli yang akan di pelihara, saya jual, namun saya beri penjelasan hewan tersebut sakit, tidak layak untuk dikorbankan,” ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan, Dinas Pertanian Kota Semarang juga melakukan pendataan jika ditemukan hewan yang kurang sehat.

Dalam pemeriksaan tidak hanya difokuskan pada penyakit hewan, melainkan juga pada standar hewan yang harus memiliki syarat batas minimal berusia dua tahun.

Dinas Pertanian Kota Semarang juga membantu pedagang hewan kurban mengatasi masalah kesehatan, dengan memberikan vitamin agar hewan siap dijual. (HN/RS)

109
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>