Sebarkan berita ini:

14-Posko Kesehatan1SEMARANG[SemarangPedia] -Dinas Kesehatan (Dinkes)Jawa Tengah  akan menyiapkan sejumlah posko kesehatan di 10 terminal besar untuk memberikan pelayanan kepada pemudik Lebaran mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan posko kesehatan akan didirikan pada H-10 Lebaran di terminal besar yang tersebar di berbagai daerah di Jateng.

Menurutnya, posko itu akan dijaga petugas medis yang akan memeriksa kesehatan pengemudi maupun pemudik lainnya yang telah melakukan perjalanan jauh seperti dari Jakarta maupun kota besar lainnya menuju kampung halaman pemudik.

“Pemeriksaan kesehatan sopir itu sangat penting, karena seringkali mereka kelelahan atau nagntuk hingg  menimbulkan kecelakaan di jalan. Bahkan juga disebabkan oleh faktor human error dalam hal ini terkait pengemudi,” ujarnya, di Kantor Gubernur Jateng, Selasa (14/6).

Pemeriksaan itu, lanjutnya, meliputi tekanan darah, kolesterol, kandungan alkohol dan cek kesehatan lainnya.

“Para petugas yang berjaga di posko tersebut akan memeriksa kondisi kesehatan pengemudi apakah layak untuk melanjutkan kesehatan atau tidak. Jika tidak layak maka petugas menganjurkan untuk istirahat atau mendapat pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Selain itu,  dia menambahkan,  pihaknya telah menginstruksikan jajarannya di wilayah kabupaten/kota untuk mengoptimalkan pelayanan  kesehatan bagi para pemudik.

“Sekitar 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi pemudik. Dimana, belasan kabupaten/kota itu tersebar di jalur pantai utara (Pantura), pantai selatan (Pantsel) dan jalur tengah yang sering dipadati pemudik menjelang Lebaran. (RS)

 

106
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>