Sebarkan berita ini:

unnamed-26

SEMARANG [SemarangPedia] – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang menempati peringkat pertama Evaluasi Pelayanan Publik Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam survei kepuasan masyarakat (SKM).

Evaluasi pelayanan ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana implementasi UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pemeringkatan ini juga dilakukan untuk mendorong peningkatan pelayanan prima, peningkatan kualitas pelayanan publik melalui perbaikan pelayanan serta mendorong unit pelayanan publik memberikan pelayanan yang prima.

Asdep Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III, Damayani Tyastianti mengatakan, indikator evaluasi yang digunakan yaitu Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, Pengelolaan Pengaduan, Inovasi Pelayanan Publik, dan Sarana Prasarana. Evaluasi dilakukan di 59 kabupaten/kota terpilih pada unit pelayanan publik seperti Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), (RSUD), Disdukcapil, Puskesmas, dan Polres/Polresta.

“Disdukcapil Kota Semarang sudah memiliki standar pelayanan (SP) sudah dibuat lengkap, survei kepuasan masyarakat (SKM) sudah dilaksanakan dan pengelolaan pengaduan sudah dimiliki, dengan media yang paling banyak digunakan adalah kotak saran, SMS/telepon dan email,” katanya, kemarin.

Untuk sarana prasana, lanjutnya, yang sudah memadai antara lain ruang tunggu, toilet, sistem antrian dan pengatur suhu. “Sedangkan fasilitas disabilitas, tempat bermain anak dan tempat parkir perlu mendapat perhatian khusus,” katanya.

Di sela penghargaan, turut diresmikan E-Service layanan kependudukan sebagai kemudahan pelayanan kependudukan yang lebih cepat, tepat dan online. Untuk sementara, layanan ini dapat digunakan untuk pembuatan akta kematian dan kelahiran. Namun, kedepan semua layanan kependudukan akan dilayani secara online.

“Layanan ini turut menjadi andalah Disdukcapil Semarang, masyarakat hanya perlu datang ke kantor saat pengambilan dan verifikasi data saja. Selebihnya, semua dapat dilakukan secara online melalui website. Cukup pelayanan 1 hari jadi,” imbuhnya.

Launching E-Service, dilakukan pula penandatanganan perjanjian pemanfaatan data kependudukan oleh 7 SKPD dan 3 RS yang akan semakin memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Atas prestasi ini, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Dispendukcapil Kota Semarang atas kerja hebat sehingga berhasil meraih posisi pertama ini.

“Pesan saya terus perbaiki pelayanan, jangan berhenti melakukan inovasi agar pelayanan semakin mudah, cepat, pasti dan tidak ada pungli. Buat masyarakat tersenyum dan puas dengan pelayanan kita,” katanya.

149
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>