Sebarkan berita ini:

job-fair-pemkotSEMARANG [SemarangPedia] – Untuk memudahkan masyarakat mencari pekerjaan, maka Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans) menghimbau agar dapat memiliki Kartu Kuning (AK/1) guna memudahkan mendapatkan informasi didunia kerja.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Penempatan Transmigrasi Disnaskertrans, Ratnaningdyah, pasalnya pekerja yang sudah memiliki kartu AK/1 akan otomatis data dirinya akan tercatat dalam jendela pencari kerja. Kategorinya dibagi sesuai pendidikan dan jurusan.

“Hingga Juli 2016 jumlah pencari kerja yang mengantongi kartu itu sebanyak 5.807. Prosentase jumlah pengangguran di Kota Semarang sebanyak 10,81 % atau 89.000 orang, tapi angka tersebut untuk golongan pengangguran terbuka termasuk pelajar dan ibu rumah tangga. Untuk angkatan kerja yang produktif jumlahnya sebanyak 18.000 orang,” katanya, Jumat (12/8).

Dia menilai jumlah pemilik kartu kuning masih minim. Sehingga, diimbau agar masyarakat membuat kartu tersebut.

“Kartu itu memudahkan pihaknya untuk memasukan data pekerja ke sistem jendela pencari kerja. Sehingga memudahkan perusahan mencari tenaga kerja sesuai kriteria yang ditentukan,” katanya.

Namun, sistem ini akan memudahkan memberikan informasi lowongan pekerjaan lewat Short Message Service (SMS) Gateway kepada pekerja yang telah mendaftarkan nomor hp. “Membuat kartu kuning sangat gampang hanya membutuhkan waktu maksimal sepuluh menit. Syaratnya cukup dengan KTP, foto, dan ijazah terakhir,” tuturnya.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah setingkat SMA/SMK untuk mengimbau pelajar utamanya mereka yang setelah lulus ingin mencari kerja.

“Kami mengimbau agar sekolah SMK untuk mengarahkan atau mempersiapkan pelajar yang ingin mencari kerja setelah lulus untuk membuat kartu kuning. Disnakertrans juga terus melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah,” ujarnya.

Kepala Disnakertrans, Eddy Riyanto menjelaskan, pihaknya memberikan rekomendasi kepada pihak lain untuk menyelenggarakan Job Fair tapi dilarang mengambil pungutan. Dalam job fair hari kedua di Disnakertrans Kota Semarang terdapat empat perusahaan dengan formasi 15 lowongan untuk difabel.

“Mereka memberikan kesempatan kepada difabel untuk mengisi lowongan seperti, sales motoris bagi tuna daksa, tuna rungu bisa bagian packing, sewing dan operator,” pungkasnya.

497
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>