Sebarkan berita ini:

15-amnesti-pajakSEMARANG[SemarangPedia] – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng 1terus berupaya mengoptimalkan program amnesti pajak periode kedua dengan menargetkan wajib pajak dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lebih besar.

Data DJP Jateng I menyebutkan hingga periode 11 November 2016 terdapat 36.190 Wajib Pajak (WP) bidang UMKM, dimana yang telah mengikuti amnesti pajak hanya sebanyak 4.444 WP atau 12,3%. Sedangkan yang belum mengikuti amnesti pajak mencapai sebanyak 31.746 WP atau 87,72%.

Plh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng 1, Dasto Ledyanto mengatakan pihaknya akan terus melakukan pendekatan terhadap wajib pajak pelaku UMKM yang belum mengikuti amnesti pajak tahap kedua.

“Kita akan mencoba untuk menggarapnya, meskipun amnesti merupakan hak setiap WP untuk mengikuti atau tidak, namun, jika sudah lewat amnesti tidak bisa diulang. Ini adalah kesempatan sangat langka,” ujarnya kepada pers,  di Kabupaten Semarang.

Dia menuturkan DJP akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pembina UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM serta dengan para asosiasi. Langkah itu, ditempuh agar kalangan UMKM bisa melakukan bimbingan teknis mengisi Surat Pernyataan Harta (SPH).

“Untuk para UMKM bisa datang dan berkoordinasi dengan pihak pajak apabila kurang jelas dan mengerti tentang amnesti pajak,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, DJP Jateng 1 juga akan membuka pelayanan pajak di berbagai tempat lain seperti mall dan pasar untuk memberikan informasi serta penjelasan kepada para UMKM.

“Kami juga akan membuka pelayanan yang lebih luas agar kalangan UMKM terlayani amnesti pajak seperti di mall dan di pasar-pasar,” ujarnya. (RS)

47
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>