Sebarkan berita ini:

22-Kace JambanSEMARANG[SemarangPedia]  – Budi Laksono, seorang dokter yang berhasil menyita perhatian publik dengan membuka kafe bakso dengan closed sanitasi, kini mengkampanyekan gerakan WC.

Gerakan aksi simpatik bertema “Walk For Toilet” itu dengan berjalan kaki dari kota Semarang menuju Jakarta. Start akan mulai dari di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang pada 1 Agustus mendatang dan ditargetkan finish di Istana Merdeka, Jakarta pada 16 Agustus 2016.

Koordinator aksi Budi Laksono menuturkan, kampanye WC dibuka seluas-luasnya bagi warga yang ingin tergabung dan aksi ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat tentang pentingnya WC sehat yang telah digagas selama 15 tahun terakhir.

“Aksi ini menjadi salah satu upaya memerdekakan sebanyak 94,5 juta orang atau sekitar 23 juta keluarga Indonesia yang kini masih buang air sembarangan, karena belum adanya WC sehat,” ujarnya, Jumat (22/7).

Kampanye WC dengan berjalan kaki ini akan berhenti disejumlah titik kota yang dilewati.  Di setiap kota itu, pihaknya akan menggelar seminar jalanan terkait materi sanitasi sehat bagi peserta aksi dan warga sekitar.

“Warga juga kami perbolehkan bergabung mulai dari rute kota yang kita lewati. Intinya ini untuk perjuangan rakyat sehat,” tuturnya.

Budi pun mengundang banyak warga dan aktivis lingkungan untuk turut berpartisipasi. Himbauan itu baik secara lisan maunpun media sosial. Disamping itu, aksi ini bukan polititis dan mengatasnamakan agama.

“Peserta juga kita perbolehkan bawa atribut institusi atau grup masing-masing. Asalkan tidak ada muatan lain, kecuali kampanye  WC bagi semua warga, ” jelasnya.

Nama Budi telah dikenal publik setelah membikin sebuah kafe dengan tempat penyajian closed dengan nama Kafe Jamban di Jalan Untung Suropati Nomor 445, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

Kafe Jamban miliknya bahkan mampu menyita perhatian dunia karena sempat dibahas dalam kanal foto Gulf News, sebuah portal berita yang bermarkas di Dubai.

Aksinya pun mendapat komentar miring dari netizen maupun warga. Budi pun semakin getol mengampanyekan pentingnya jamban bagi seluruh keluarga Indonesia melalui sejumlah gerakan. (RS)

506
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>