Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Kegiatan akbar tahunan Pesta Rakyat di Kota Semarang, bertajuk Jateng Fair 2018 siap digelar mulai 17 Agustus hingga 9 September 2018 dan diharapkan mampu menjadi pemantik perkembangan wisata domestik agar lebih bergairah.

Direktur Utama PT PRPP Jateng, Titah Listyorini mengatakan kegiatan selama 24 hari itu mengusung Magical Dieng sebagai tema utamanya, serta menyatukan konsep pameran, hiburan dan rekreasi.

Kegiatan Pesta Rakyat itu, lanjutnya, berpotensi sebagai sarana promosi pembangunan di bidang usaha perdagangan, perindustrian, kerajinan rakyat dan bakal mampu mengangkat produk ungggulan Jateng.

“Sebanyak 350 tenan siap ikut meramaikan Jateng Fair 2018 yang dibuka mulai 17 Agustus dan secara resmi serimonial akan dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada 23 Agustus mendatang,” ujarnya, Rabu (15/8).

Menurutnya, dengan mengangkat tema Magical Dieng  yang merupakan salah satu obyek pariwisata unggulan di Jateng itu diharapkan bisa menarik kurang lebih satu juta pengunjung.

Jawa Tengah, dia menambahkan dengan Ibukota Semarang memang semakin hari menjadi perhatian, terlebih dengan destinasi wisatanya terutama wilayah kawasan pegunungan Dieng yang terkenal dengan sejumlah telaga, candi peninggalan dan keindahan panaroma pegunungan sebagai destinasi wisata unggulan.

Menurutnya, diangkatnya  Magical Dieng sebagai tema utama Jateng Fair 2018 dapat memicu tumbuhnya gairah wisata baru di wilayah Jateng yang mampu memikat kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Tema tersebut bercerita tentang daerah tujuan wisata Dieng yang merupakan satu di antara tujuan unggulan di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Itu menginspirasi Jateng Fair 2018 didesain dengan nuansa dataran tinggi Dieng yang tentunya akan menghadirkan kesenian dan makanan khas daerah tersebut.

Jateng Fair tahun ini, lanjutnya, akan diikuti banyak  stand terdiri atas pemerintah, SKPD, BUMD, BUMN, UMKM, perusahaan besar swasta nasional.

Namun, dia menambahkan untuk hiburan akan menampilkan sesuatu yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dengan mengajak pengunjung untuk langsung menyaksikan produk produk unggulan daerah seperti tempat wisata, kuliner maupun kerajinan tangan yang dikemas dengan konsep MagnificientInsightful dan Entertaining.

Bahkan, tutur Titah, yang lebih istimewanya lagi, akan diputarkan video mapping mengenai panorama dan budaya Dieng dengan penambahan beberapa wahana baru seperti Dino Show, Hulk Show dan Magic Liquid.

Menurutnya, sebagai upaya untuk menambah jumlah pengunjung, terutama anak-anak, penyelengara akan mendatangkan Doraemon Show. Tokoh kartun anak dari Jepang itu akan menyajikan tontotan aktraktif, dan menyediakan souvenir menarik.

“Jateng Fair 2018 mendatangkan karakter internasional dari Jepang Meet & Greet dengan Doraemon dan Nobita dan akan tampil setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB bertempat di Bale Merapi,” ujar Titah.

Selain itu, tutur Titah, juga akan digelar progam edukasi Fun Science Show, dimana para pengunjung dapat ikut serta bereksperimen dengan pemandu Fun Sience yang pada akhir acara karakter Doraemon akan hadir.

Berbagai hiburan juga tengah disiapkan dengan mendatangkan puluhan artis baik nasional ataupun lokal seperti Via Valen, Sabyan, Mel Shandy feat Congrock, NDX, AKA, Shagy Dog, HiVi, TipeX, Souljah, Nila Kharisma dan masih banyak lagiyang sudah dijadwalkan akan tampil pada hiburan Jateng Fair 2018.

Jateng Fair 2018, Titah menargetkan jumlah pengunjung bisa mencapai 1 juta orang dengan nilai total transaksi sedikitnya sebesar Rp 200 miliar, target itu sama dengan Jateng Fair tahun lalu.

Dia menuturkan pihaknya menargetkan dalam sebulan mampu mendatangkan 1 juta pengunjung. “Kalau target transaksi satu orang sekitar Rp20.000, jadi ya sekitar Rp 200 miliar dalam sebulan,” ujar Titah.

Sementara, untuk tiket masuk ke Jateng Fair, pengunjung cukup membayar Rp15.000 di hari Senin-Kamis dan sebesar Rp20.000 pada Jumat-Minggu. Sedangkan untuk menikmati wahana dikenakan tarif bervariasi. (RS)

 

23
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>