Sebarkan berita ini:

5-samsatSEMARANG[SemarangPedia] – Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Provinsi Jateng melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) terus melakukan perbaikan layanan, meski saat ini sudah berbasis informasi teknologi dengan pembayaran pajak secara online.

Kepala DPPAD Provinsi Jateng Hendry Santosa mengatakan layanan berbasis informasi teknologi sangat memudahkan masyarakat dalam pembayaran pajak.

Meski demikian, lanjutnya, agar pelayanan kepada masyarakat lebih prima, pihaknya akan mengembangkan pembayaran pajak melalui kerja sama perbankan dengan memanfaatkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Samsat saat ini telah berbasis IT, seperti pembayaran pajak online yang terintegrasi. Ke depannya kami sedang mengembangkan pembayaran pajak melalui ATM, sehingga masyarakat yang jauh tidak perlu repot lagi harus datang ke Samsat,” tuturnya, di Semarang.

Menurutnya, pihaknya saat ini juga tengah mengembangkan aplikasi mobile playstore. Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan.

Sementara, Rouly Manalu, pengamat pemerintahan dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menuturkan saat ini teknologi informasi tidak hanya digunakan untuk melakukan pencarian informasi.

Namun, lanjutnya, sudah merambah pada kebutuhan untuk bertransaksi dan terkoneksi dengan sesama personal. Melihat kondisi itu, pemerintah  harus bisa mendorong penggunaan teknologi informasi yang tepat guna, sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Setidaknya pemerintah harus bisa menyediakan channel-channel yang bisa mewadahi kebutuhan ini (layanan publik), karena sekarang masyarakat bergerak cepat dengan teknologi informasi. Mereka semua sekarang melek digital,” ujarnya. (RS)

136
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>