Sebarkan berita ini:

11- PLTUJEPARA[SemarangPedia] – Komisi VII DPR RI akan mendorong percepatan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B Unit V dan VI berkapasitas 2.000 MegaWatt (MW), sebagai upaya mendukung progam pemerintah yang mencanangkan penyediaan listrik 35,000 MW segera terwujud.

Anggota Komisi VII DPR RI Daryatmo Mardiyanto mengatakan PLTU TJ B Unit V dan VI yang akan dibangun di  Desa Tubanan Kecamatan Kembang, Jepara itu, bisa segera direalisasikan hingga mampu menambah pasokan listrik 2.000MW untuk jaringan  kelistrikan Jawa-Bali.

“Pengerjaan fisik pembangunan PLTU TJ B Unit V dan  VI bisa dipercepat hingga sudah bisa dimulai akhir tahun ini,” ujarnya saat berkunjung ke PLTU Tanjung Jati B dalam rangka reses, Rabu. (11/5)

Rombongan Komisi VII DPR diterima General Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B Ari Basuki.

Pembangunan PLTU Tanjung Jati B unit V dan VI yang akan dibangun di atas lahan seluas 140 hektare (ha) itru, bakal menelan investasi sebesar Rp 40 triliun dan dijadwalkan dapat beroperasi pada 2020.

Dari berbagai sisi pembangunan, lanjutnya, PLTU Unit V dan VI itu diharapkan berjalan lancar dan tidak ada permasalahan, mengingat pembebasan lahan sudah selesai.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan melakukan groundbreaking pembangunan fisik PLTU tersebut,” tuturnya Daryatmo.

Menurutnya, percepatan pembangunan dua unit PLTU TJ B itu bisa dilakukan , karena sudah tidak ada kendala baik lahan untuk lokasi, maupun penampungan limbah. Bahkan pembiayaan juga tidak ada masalah karena investor asal Jepang menyepakati penyediaan dana investasi sebesar itu.

Sedangkan pasokan bahan baku, dia menambahkan juga tidak ada persoalan, karena stok bahan bakar batubara di sentra produksi melimpah.

”PLTU Tajung Jati B Unit I dan II serta Unit III da n IV yang dibangun lebih dulu dan sudah beroperasi dan kini berjalan lancer, sehingga ke depan enam unit PLTU TJ B setelah selesai dibangun secara nasional bisa memasok kebutuhan listrik mencapai 20% mencapai total kapasitas sebesar 4.640 MW,” ujar General Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B Ari Basuki.

153
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>