Sebarkan berita ini:
Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie
Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie

SEMARANG[SemarangPedia] –  DPRD mengisyaratkan dua daerah dari tujuh Kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar Pilkada serentah Frebuari 2017, memerlukan perhatian serius agar pelaksanaannya bisa berjalan lancar.

Ketua Komisi A DPRD Jateng Masruhan Samsurie mengatakan sebanyak dua dari tujuh kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada serentak di Jateng harus mendapat perhatian serius.

Menurutnya, dua daerah itu terdiri Kabupaten Pati terkait calon tunggal dan Kabupaten Jepara terkait pengiriman logistik.

“Pati mendapat sorotan karena hanya diikuti oleh satu pasang calon yang berarti harus melawan kotak kosong saat pencoblosan mendatang. Sedangkan di Jepara, wilayahnya meliputi Karimunjawa yang sulit dijangkau oleh sarana transportasi pada saat musim angin barat atau cuaca ekstrim,” ujarnya, di Semarang.

Khusus Kabupaten Jepara, lanjutnya, awal 2017 merupakan puncak cuaca ekstrim di perairan laut Karimunjawa, sehingga KPU Kabupaten Jepara harus melakukan pengawalan logistik pilkada secara maksimal dan memastikan bisa terkirim sampai ke pulau tersebut tepat waktu meski banyak kendala.

“Dalam kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang ini dan kemungkinan hingga masih berlanjut pada awal 2017 Karimunjawa berpotensi menjadi terisolir.

“Untuk itu, kami minta KPU Jepara melakukan koordinasi secara intensif dengan jajaran kepolisian dan TNI. Saat cuaca ekstrim, pengiriman logistik Pilkada ke Karimunjawa bisa menggunakan kapal perang atau melalui jalur udara. Bahkan komunikasi dengan Polri dan TNI harus inten dilakukan oleh KPU,” tutur politikus PPP itu.

Komisi A DPRD Jateng, lanjutnya, berencana untuk melakukan pantauan langsung ke Karimunjawa saat Pilkada pada 15 Februari 2017 mendatang. Hal itu dilakukan untuk memastikan masyarakat di Kepulauan Karimunjawa yang sudah memiliki hak pilih benar-benar mendapat pelayanan sama dengan daerah lain.

“Untuk itu, sosialisasi harus benar-benar maksimal. Semua warga Karimunjawa yang sudah memiliki hak pilih harus menggunakan hak tersebut saat pencoblosan nanti,” tuturnya.

Seperti diketahui, ketujuh daerah yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2017 di Jateng meliputi Kota Salatiga, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Batang, Kabupetan Cilacap, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Brebes. (RS)

 

85
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>