Sebarkan berita ini:

25-gedung-pdrd-jatengSEMARANG[SemarangPedia] – DPRD Jawa Tengah akan membuka pintu bagi mahasiswa untuk ikut aktif mengawal pembuatan setiap peraturan daerah (Perda) di provinsi ini.

Anggota Komisi D DPRD Jateng Muhammad Rodhi mengatakan mahasiswa perlu melakukan pengawalan dalam proses setiap  pembuatan perda, mengingat mereka meripakan generasi penerus bangsa.

Langkah itu, lanjutnya, dilakukan mengingat mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki peran besar terkait hasil perda yang disahkan oleh pihak legislatif.

Menurutnya, pengetahuan mengenai fungsi DPRD sebagai pengawal dan pembuatan peraturan daerah sangat penting untuk dipahami mahasiswa. Pasalnya, mereka merupakan generasi penerus yang akan menggantikan wakil rakyat di masa depan.

“Sejak awal kita siapkan sebagai generasi penerus. Dipakai atau tidak itu urusan belakang. Kami mengharapkan ke depan mahasiswa sudah siap sebagai penerus melaksanakan tugas, sehingga  mereka bisa mengetahui sebelumnya tigas legislatif,” ujarnya, di Semarang.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang menggelar Training Legislatif Dasar menghadirkan narasumber anggota DPRD Jateng.

Ketua DPM Fakultas Ekonomi Unnes Novian Pambudi mengatakan acara Training Legislatif Dasar merupakan pelatihan yang dilaksanakan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi legislator.

Menurutnya, pelatihan yang diikuti 50 mahasiswa itu  diharapkan dapat memberikan pemahaman yang luas terkait kinerja legislatif.

“Banyak yang menganggap Legislator kerjanya hanya tidur. Kami ingin memberikan pemahaman legislator itu bukan tugas yang mudah. Kita ingin menunjukkan DPR kita itu tidak seperti itu. Kalau masyarakat positif maka bangsa kita akan berkembang,”  tuturnya. (RS)

 

58
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>