Sebarkan berita ini:
Ketua Komisi A DPRD Jateng Mohamad Saleh

SEMARANG[SemarangPedia] – Komisi A DPRD Jateng menggagas membuat Peraturan Daerah (Perda) inisiatif tentang muatan lokal penyiaran di TV dan radio sebagai perangkat hukum, sehingga menjadi landasan implementasi isi siaran berbasis kearifan lokal di Jateng.

Ketua Komisi A DPRD Jateng Mohamad Saleh mengatakan aturan mengenai siaran muatan lokal sangat penting untuk direalisasikan. Apalagi, menurutnya, secara nasional, aturan mengenai muatan lokal minimal 10% sudah diwajibkan.

“Mengenai regulasi secara nasional pun sudah diwajibkan minimal 10% untuk muatan lokal, sehingga perlu ada aturan regulasi turunannya di daerah,” ujarnya di Gedung Berlian DPRD Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Selasa (8/10).

Mohamad Saleh menambahkan lembaga penyiaran di Jateng sebagian sudah menyiarkan konten lokal, dan sebagian masih ada yang belum menyiarkan.

“Saat ini dalam program siarannya, lembaga penyiaran di Jateng sudah banyak yang menyampaikan konten isi siaran muatan lokal, juga ada yang belum menyampaikan siaran muatan lokal, sehingga kami perlu menginisiasi Perda muatan lokal penyiaran itu,” tuturnya.

Politisi Partai Golkar itu berharap pembentukan Perda muatan lokal penyiaran ke depan lembaga penyiaran bakal banyak mengangkat kearifan lokal Jateng dalam program siarannya.

“Banyak potensi di Jateng yang bisa diangkat dalam program siaran TV dan radio seperti pariwisata, UMKM dan potensi lainnya,” ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya telah menyampaikan gagasannya untuk membuat peraturan daerah terkait penyiaran muatan lokal kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat di Jakarta, Jumat lalu (4/10).

Di sisi lain, tutur Mohamad Saleh, kunjungan Komisi A DPRD Jateng ke kantor KPI Pusat juga dalam rangka berkonsultasi terkait persiapan pergantian anggota KPID Jateng periode 2017-2020 yang akan berakhir pada Februari 2020 mendatang.

“Kami perlu berkonsultasi ke KPI Pusat terkait bagaimana mekanisme kesiapan pergantian dan proses rekrutmen anggota KPID Jateng periode selanjutnya,” tuturnya. (RS)

 

15
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>