Sebarkan berita ini:

23-charminSEMARANG[SemarangPedia] – DPRD Jawa Tengah berencana memanggil dinas terkait untuk mengevaluasi dan melihat progres ke depan terhadap produksi pertanian, menyusul cuaca ekstrim diperkirakan masih berlangsung hingga tiga bulan mendatang.

Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah M Chamim Irfani mengatakan cuaca ekstrem yang melanda Indonesia saat ini, dimungkinkan berpengaruh terhadap hasil produksi pertanian di berbagai daerah sentra produksi, sehingga berpotens terjadi lahan Puso akibat terkena banjir.

Menurutnya, pihaknya bakal memanggil dinas terkait seperti pertanian dan perkebunan untuk mendengar langsung terkait kebijakan yang akan dilakukan menghadapi dampak cuaca ekstrem., termasuk untuk mengetahui lebih rinci jumlah produksi pertanian.

“Kami akan panggil mitra dinas Komisi B yang membidangi perekonomian dan pangan,  untuk mengevaluasi dan meminta paparan  bagaimana produksi pertanian pada 2017 mendatang, menyusul cuaca akstrem yang diperkirakan terjadi hingga awal tahun depan.

“Hal ini,  karena hujan dengan intensitas tinggi masih akan mengguyur di sejumlah daerah di kantong-kantong pertanian,” ujarnya kepada semarangpedia.com.

Dia memperkirakan dampak dari tingginya curah hujan akhir-akhir ini, tidak hanya merusak tanaman padi pada lahan yang terdampak banjir. Namun, dirasakan juga pada petani tembakau sehingga dimungkinkan akan berpotensi mengacam kegagalan panen.

“Curah hujan yang terjadi hampir tiap hari ini di kabupaten/kota di Jawa Tengah akan berpengaruh besar terhadap sektor pertanian, terutama tanaman tembakau dan tanaman padi yang lahannya terkena dampak banjir,” tuturnya.

Seperti diketahui, tingginya curah hujan di tengah kemarau basah saat ini, hampir 50% tanaman tembakau di sentra produksi terbasar di Temanggung, mengalami kerusakan. Hampir keseluruhan daun tembakau menguning dan bakal membusuk. (RS)

66
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>