Sebarkan berita ini:

3-pilkadaSEMARANG[SemarangPedia] – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait diminta untuk mengoptimalkan sosialisasi  kepada para pemilih pemula di tujuh kabupaten/kota di Jateng ikut dalam pilkada serentak 15 Pebruari 2017.

Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah Sriyanto Saputro mengatakan pada Pilkada 2017 di tujuh kabupaten/kota di Jateng terdapat 137.000 orang lebih yang berstatus sebagai pemilih pemula.

Menurutnya, ratusan ribu pemilih pemula tersebut yang menginjak usia 17 tahun pada 15 Februari mendatang itu, memiliki hak untuk menggunakan suaranya, sehingga perlu mendapat informasi dan sosialisasi.

“Kelompok yang rentan tidak menggunakan hak suaranya tersebut harus mendapat informasi semaksimal mungkin agar mereka paham dan menggunakan hak suaranya,” ujarnya, di Semarang.

Untuk itu, lanjutnya, regulasi harus dipermudah dan pemerintah harus bisa memberikan pemahaman kepada kelompok pemilih pemula, sehingga mereka menggunakan hak suaranya saat pencoblosan yang diharapkan dapat menekan angka Golput.

Sriyanto menuturkan persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 terlihat lebih baik jika dibanding dengan Pilkada Serentak 2015 lalu. Dari segi persiapan penyelenggara Pilkada, regulasi maupun penganggarannya terlihat lebih siap, termasuk anggaran untuk pengawasan yang sudah bisa sampai tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

“Kalau kita bercermin pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 lalu, sekarang ini persiapannya lebih baik. Saat Pilkada Serentak 2015, banyak menghadapi kendala di bidang anggaran, khususnya untuk pengawasan, sekarang sudah tidak terdengar lagi. Untuk itu, kami berharap pelaksanaanya juga harus lebih baik,” tuturnya.

Seperti diketahui sebanyak tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah pada Februari 2017 mendatang akan menggelar Pilkada serentak. Daerah tersebut meliputi Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kota Salatiga, Kabupaten Batang, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banjarnegara. (RS)

101
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>