Sebarkan berita ini:

25-PNSSEMARANG[SemarangPedia] – DPRD meminta Pemprov Jateng mengambil langkah yang bijak dan profesional dalam melakukan perampingan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta lebih trasparansi.

Sekretaris Komisi A DPRD Jateng, Ali Mansur HD mengatakan kebijakan itu akan berdampak besar, karena sekitar 15 kepala SKPD akan diturunkan posisinya menjadi staf atau perseran jabatan.

“Kami meminta ada transparansi dalam menjalankan kebijakan tersebut, guna menghindari gejolak sosial,” ujarnya.

Perampingan susunan tata organisasi kepegawaian (SOTK) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) merupakan implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

DPRD, lanjutnya, mendukung perampingan itu, karena bisa mengoptimalkan anggaran dan meningkatkan kinerja SKPD.

Menurutnya, pada lingkungan Pemprov Jateng, kondisi SKPD-nya sebagian gemuk mampu memberikan kontribusi PAD, namun juga ada sejumlah instansi yang tidak efektif, sehingga perampingan sangat diperlukan.

Sesuai rencana, SKPD di lingkungan Pemprov Jateng akan dirampingkan dari 59 instansi menjadi 50 instansi di antaranya Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan dirubah Dinas Perhubungan dan Dinas komunikasi dan Informatika. Pemisahan ini bagus, karena nanti akan lebih efektif dan fokus untuk meningkatkan kinerja SKPD.

Saat ini, dia menambahkan draff raperda tentang SOTK sedang digodok Pemprov Jateng. Bahkan pimpinan DPRD juga akan berupaya untuk merampungkan raperda SOTK karena dijadwalkan harus selesai 25 Agustus 2016.

Dengan demikian, lnjutnya, Pemprov harus transparan dan mempertimbangkan sisi kemanusiaan dalam mengisi jabatan di SKPD pasca perampingan. Selain bisa lebih profesional dan mengacu pada kinerja pejabat yang bersangkutan.

Perampingan SKPD di Pemprov Jateng akan dilakukan mulai dari jumlah asisten di Sekretariat Daerah (Setda) yang semula ada empat akan menjadi tiga asisten, kemudian jumlah badan yang semula lima belas menjadi delapan, serta biro yang semula dua belas dipangkas menjadi delapan. Sementara untuk dinas akan ada penambahan dari 19 menjadi 26. (RS)

104
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>