Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – DPRD Jateng meminta kontraktor yang menggerjakan proyek pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani (A Yani) Semarang bisa menyelesaikan tepat waktu sesuai yang ditargetkan, sehingga bisa segera dioperasikan pada tahun  ini.

Bandara A Yani ditargetkan sudah dapat beroperasi pada 2 Juni 2018 dan diharapkan tidak ada kendala hingga terjadi kemoloran jadwal pengoperasiannnya.

DPRD Jateng melalui Komsi D [Bidang Pembangunan] telah meninjau ke lapangan untuk melihat pekerjaan fisik proyek pengembangan Bandara A Yani Seamarang,  yang diharapkan bisa selesai tetap waktu.

“Sesuai instruksi Presiden, terminal baru Bandara Internasional A Yani harus sudah dibuka pada 2 Juni mendatang. Ini sebagai upaya untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2018. Kami berharap bisa sesuai rencana yang ditetapkan,” ujar Ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri, Selasa (17/4).

Menurutnya, meski direncanakan pada 2 Juni sudah bisa dioperasikan, namun proses pembangunan keseluruhan belum dapat rampung sesuai yang ditergetkan. Bahlan diharapkan fasilitas terminal baru meski belum selesai sempurna, paling tidak bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang arus mudik dan balik Lebaran mendatang.

Terdapat beberapa tahapan, lanjutnya,  yang akan dilakukan sebelum bandara diputuskan dibuka karena tim dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub akan melakukan Praverifikasi pada 25 April, disusul verifikasi pada 25 Mei, kemdudian akan diputuskan apakah bandara benar-benar siap dioperasionalkan atau tidak.

“Kami meminta pelaksana proyek menambah dapat terus mengebut untuk mempercepat pekerjaan, hingga dapat selesai tepat waktu, meski masih ada kekuurangan bisa disempurnakan sebelum masa verifikasi,” tuturnya.

Pembangunan terminal baru yang masuk pekerjaan paket tiga saat ini sudah mencapai 73,3%, sedangkan akses jalan, apron dan taxiway sudah selesai. Bandara A Yani ke depan bakal memiliki terminal seluas 58.652 m2, apron 75.522 m2 dan tempat parkir seluas 43.633 m2.

Project Manager Proyek Pengembangan Bandara A Yani Semarang, Toni Alam menuturkan pekerjaan paket 1 meliputi lahan dan jalan akses sudah selesai 100%, paket 2 apron dan taxiway 100%, paket 3 terminal 73,3% dan paket 4 berupa bangunan penunjang dan lansekap 12,97%. Sementara paket 5 berupa water management dalam proses finalisasi perencanaan oleh konsultan perencana LPPM Undip.

“Kami akan lakukan speed up. Empat bangunan penunjang seharusnya dipatok selesai pada Mei 2019. Namun, untuk mengejar minimum requirements, bakal kita kebut hingga dapat cepat selesai,” ujarnya. (RS)

25
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>