Sebarkan berita ini:

29-buruh-testilSEMARANG[SemarangPedia] – DPRD menghimbau perusahan di berbagai daerah di Jateng untuk memenuhi aturan kuota 1% mempekerjakan penyandang disabilitas yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang No 4 tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat.

Anggota Komisi E DPRD Jateng Sumarsono mengatakan setiap perusahaan harus memberikan kesempatan kepada penyandang cacat untuk mempekerjakan sesuai kemampuan.

Menurutnya, dalam Undang-Undang No 4 tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat telah mengatur bagi perusahaan negara dan swasta memberikan perlakuan sama kepada penyandang disabilitas dengan memberikan kesempatan bekerja.

“Dalam Undang-undang tentang Penyandang Cacat jelas disebutkan perusahaan negara dan swasta memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada penyandang cacat dengan kuota 1% diterima kerja sesuai dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan, dan kemampuannya,” ujarnya usai melakukan kunjungan kerja ke Disnakertrans Kabupaten Semarang.

Pemkab Semarang yang saat ini miliki banyak industri besar berskala nasional maupun yang berorientasi ekspor belum sepenuhnya merealisasikan amanat Undang-undang No 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat, akibat terkendala masalah jumlah personel pengawas.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Semarang Soemardjito mengatakan pihaknya akan mendorong setiap perusahaan agar mampu memenuhi kuota 1%  pekerja penyandang disabiliats di perusahaan.

Menurutnya, selama ini pihaknya mengalami keterbatasan pengawasan terhadap perusahaan yang mempekerjakan penyandang cacat yang beroperasi di wilayahnya.

“Idealnya pengawas perusahaansebanyak 15 sampai 20 personel, tapi saat ini hanya ada tiga pengawas, sehingga tidak optimal untuk memantau atau mengawasi kuota 1% penyandang cacat,” tuturnya. (RS)

95
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>