Sebarkan berita ini:

10-raperdaSEMARANG[SemarangPedia] – DPRD Jateng mengapresiasi atas tanggapan gubernur yang mendukung penuh Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Jawa Tengah.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah Riyono mengatakan pihaknya menyetujui usulan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk memasukan industri karoseri sebagai salah satu industri prioritas di dalam Raperda RPIP.

Namun demikian, dia meminta arah kebijakan, strategi, rencana aksi dan lokasi pengembangan industri tersebut, sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pengkajian dan pembahasan.

Komisi B sebagai inisiator Raperda RPIP, meminta dilakukan percontohan pelaksanaan perda di daerah tertentu sebelum raperda tersebut ditetapkan.

“Sebelum dilakukan penetapan Pemerintah Provinsi perlu melakukan simulasi pelaksanaan Perda, sebagai percontohan terhadap beberapa kebijakan dan peraturan baru nantinya,” tuturnya.

Dalam pembahasan RPIP, lanjutnya, terdapat empat hal penting yang perlu diperhatikan. Selain Rencana Peruntukan Kawasan Industri yang lebih dulu telah ditetapkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota juga soal pendayagunaan potensi sumber daya alam daerah.

“Tidak hanya itu, tetapi juga mengenai peningkatan daya saing berdasarkan potensi masing-masing daerah (ketersediaan infrastruktur, jalan, pelabuhan, energi, telekomunikasi dan SDM), dan keempat adalah peningkatan nilai tambah pada rantai nilai/ value chain-nya itu keterkaitan hulu-hilir, antara kegiatan utama dan pendukung yang dilakukan perusahaan industri untuk mengubah bahan baku menjadi output yang memiliki nilai tambah bagi konsumen,” ujar politisi PKS itu. (RS)

100
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>