Sebarkan berita ini:

23-embung-airSEMARANG[SemarangPedia] –  DPRD mendesak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jateng untuk mendesain ulang 15 embung yang tersebar di Kabupaten Kendal, Semarang, Pati dan Brebes, menyusul air produksinya terancam tidak dapat dimanfaatkan waga sekitarnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso mengatakan sebanyak 15 embung yang sedang dibangun di sejumlah kabupaten perlu didesain ulang, mengingat berpotensi air produkisinya tidak dapat memenuhi kebutuhan warga sekitarnya.

Langkah itu, lanjutnya, perlu dilakukan mengingat lokasi belasan embung tersebut berada di lahan cekungan, sehingga air tidak bisa mengalir untuk dimanfaatkan warga.

“Dari 27 embung di Jateng, terdapat 15 embung di Kabupaten Kendal, Semarang, Pati dan Brebes yang perlu di desain ulang oleh Dinas PSDA Jateng, karena,  lokasinya berada di cekungan, sehingga air tidak bisa mengalir untuk dimanfaatkan warga sekitar,” ujarnya di Semarang, Jumat. (23/9)

Menurutnya, secara teori, embung harus dibangun di daerah cekungan atau berada lebih tinggi dari daerah sekitar, agar air yang ditampung bisa dialirkan ke lahan-lahan pertanian milik warga.

“Yang menjadi permasalahan, ketika memasuki musim kemarau atau debit air menurun, sehingga memerlukan alat bantu untuk mengalirkan ke lahan milik warga sekitar, bahkan alat terkendala macet air tidak dapat mengalir, ” tuturnya.

Di sisi lain, dia menambahkan pemilihan lokasi pembangunan embung yang representatif terkendala persoalan lahan, sehingga pemerintah memanfaatkan lahan milik Pemerintah Desa, Pemkab, maupun Pemprov.

Ironisnya, lahan-lahan milik pemerintah tersebut, tidak seluruhnya berada di ketinggian. Padahal, idealnya embung dibangun di dataran tingggi, sehingga mampu menabung air dan alirannya bisa memanfaatkan gravitasi.

“Masyarakat perlu partisipasi, kalau memang ada daerah yang bagus untuk dibangun embung, agar diusulkan ke pemerintah dan diharapkan hasilnya lebih bagus,” tuturnya. (RS)

 

108
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>