Sebarkan berita ini:

1Tenaga asing1SEMARANG[SemarangPedia]  –   Penertiban terhadap tenaga asing di wilayah Jawa Tengah perlu segera diimplementasikan, menyusul banyaknya eks patriat unskill (tanpa kemampuan) dari negeri Tiongkok mulai memasuki Cilacap untuk mengerjakan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Ketua DPRD Jawa Tengah Rukma Setyabudi mengatakan masuknya tenaga asing di Cilacap harus mendapat mendapat perhatian serius dari instansi terkait.

Menurutnya, tenaga kerja asing yang masuk Jawa Tengah harus memiliki kemampuan lebih dibanding tenaga kerja lokal. Kondisi itu, diharapkan adanya transfer ilmu kepada pekerja di Jawa Tengah.

“Tapi kalau tenaga kerja dari Tiongkok itu unskill tanpa memiliki ketrampilan khusus  dikhawatirkan akan mematikan tenaga kerja local, sehingga berdampak terhadap melonjaknya angka pengangguran,” ujarnya, Rabu. (1/6).

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan pihak terkait yang menangani masalah ketenagakerjaan harus lebih selektif dan mendata masuknya tenaga asing itu.

“Pemerintah harus bisa memberikan proteksi terhadap tenaga kerja di Jawa Tengah sehingga tenaga tanpa ketrampilan dari luar negeri itu tidak merebak,” tuturnya.

“Keresahan tenaga kerja di Jawa Tengah mulai dirasakan menyusul masuknya tenaga kerja asing tanpa ketrampilan khusus itu ikut mengerjakan proyek PLTU Cilacap yang dibawa oleh pemilik modal yang berasal dari Tiongkok. (RS)

 

44
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>