Sebarkan berita ini:

29-makan-ikanSEMARANG[SemarangPedia]  –  DPRD meminta Pemprov Jateng dan instansi terkait agar semakin gencar mengoptimalkan sosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat luas, hingga tingkat konsumsi ikan di provinsi ini meningkat.

Anggota Komisi B DPRD Jateng Riyono mengatakan pemprovi dan pihak terkait perlu mengoptimalkan sosialisasi “Gerakan Makan Ikan” l;ebih luas lagi kepada masyarakat.

Langkah itu, lanjutnya,  perlu dilakukan, mengingat tingkat konsumsi makan ikan oleh masyarakat di wilayah Jateng relatif masih sangat rendah.

“Minimnya konsumsi ikan juga dipicu kebiasaan makan ikan di masyarakat belum menjadi suatu budaya, sehingga progam Gerakan Gemar Ikan harus lebih digalakkan secara spesifik seperti ‘One Day One Fish’, yang diharapkan, sebuah keluarga minimal dalam sehari makan satu ikan,” ujarnya, di Semarang.

Riyono menambahkan gerakan makan  ini masih perlu dukungan dari  seluruh elemen yang ada serta didorong dengan regulasi pemerintah setempat.

“Gerakan makan ikan bisa optimal, mengingat  produksi ikan di Jateng lebih dari cukup, baik dari produksi ikan tangkap maupun ikan budidaya. Gerakan makan ikan harus  terus disosialisasikan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah,” paparnya.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Alimuddin Rizal Rifai  membenarkan konsumsi ikan belum menjadi kebiasaan masyarakat Jateng.

“Harus ada edukasi terhadap masyarakat, khususnya para ibu-ibu yang menyediakan makanan untuk keluarga agar membiasakan untuk menyediakan ikan sebagai lauk setiap hari. Dengan disediakannya ikan setiap hari, akan menjadi kebiasaan dan dengan sendirinya akan menjadi budaya,” tuturnya.

Di sisi lain, dia mengharapkan agar ada perhatian Pemerintah yang maksimal terhadap kesejahteraan para nelayan yang menangkap ikan.

“Jal itu dilakukan, karena,  dengan hasil produksi tangkapan ikan nelayan yang melimpah, menjadikan harga ikan murah terjangkau dan bisa dinikmati oleh semua kalangan,” ujarnya. (RS)

88
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>