Sebarkan berita ini:

5-anak-sdSEMARANG[SemarangPedia] –  DPRD meminta Pemprov Jateng segera melakukan kajian yang lebih mendalam atas kebijakan Pemerintah Pusat mengenai rencana penerapan lima hari sekolah (Full day school) pada 2017.

Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv mengatakan Pemprov perlu segera mengambil langkah dengan melakukan kajian terhadap pelaksanaan Full day school.

Menurutnya, terdapat sejumlah yang harus dipertimbangkan di antaranya faktor psikologi dan fisik yang perlu menjadi pertimbangan bagi Pemprov Jateng.

“Dampak secara psikologis dan fisiknya luar biasa. Bisa dibayangkan sekolah sampai jam empat hingga jam lima sore. Rekomendasi dari psikolog anak sekolah sampai jam satu siang sudah tidak layak dan tidak bisa menyerap materi sampai maksimal,” ujarnya, di Semarang, Senin (5/12).

Selain itu, politikus PKB itu menambahkan, dari aspek geografis juga perlu menjadi pertimbangan terutama untuk sekolah-sekolah yang ada di daerah pegunungan dan rawan kriminalitas. Kalau lokasi sekolah berada di kota untuk pulang jam lima sore tidak masalah tapi bagi yang berada di geografisnya pegunungan dimungkinkan akan menambah beban bagi anak.

“Kalau siswa SD yang berada di daerah pegunungan bisa dipastikan mereka saat pulang bisa sampai larut malam, Transportasinya bagaimana? Apalagi jika cuaca ekstrem seperti ini terus bagaimana?,” tutur Ketua Persatuan Guru Swasta (PGSI) Jateng itu.

Di sisi lain, Dia menyoroti terkait kebutuhan sarana dan prasarana di setiap masing-masing sekolah. Bahkan sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar hingga sore hari terkait kebutuhan air, kantin dan sarana lainnya.

“Kebijakan itu dari pusat, kami mengharapkan dari pemerintah propinsi Jateng melalui dinas terkait terus melakukan kajian dan mengevaluasi,” ujarnya. (RS)

115
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>