Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG[SemarangPedia] – DPRD menyambut positif langkah Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Jateng bersedia membantu pengembangan teknologi tepat guna, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di provinsi ini.

Komisi E DPRD Jawa Tengah menyambut positif langkah Balitbang Provinsi Jateng membantu pengembangan teknologi tepat guna, berupa alat pengering makanan bagi industri rumahtangga yang bergerak di bidang kuliner.

Anggota Komisi E DPRD Jateng Endrianingsih mengatakan teknologi tepat guna yang dikembangkan di Balitbang mampu  mengoptimalkan produksi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sektor industri rumahtangga yang bergerak di bidang kuliner dalam kemasan.

Menurutnya, alat teknologi tepat guna itu berupa pengering makanan Tray Dryer Type 4 L, dan Mini Rotary Dryer yang dioperasikan lebih efisien.

“Alat itu memiliki kapasitas besar dalam mengeringkan produk olahan. Caranya pun sederhaa, hanya membutuhkan bahan bakar gas,” ujarnya saat menghadiri diseminasi teknologi pengering makanan di Kota Magelang, Kamis (10/11).

Politikus PDI Perjuangan tersebut menambahkan alat inovasi tersebut diproduksi bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Kandeman Magelang.

Dengan teknologi tepat guna tersebut, pihaknya mengharapkan agar pendampingan dan pembinaan terhadap UMKM di wilyaah masyarakat paling bawah bisa terus berkembang, dan mempu menyerap tenaga kerja.

“Selain terjangkau dari sisi harga dan distribusi barang, alat seperti ini sangat dibutuhkan untuk memberikan percepatan dalam produksi. Tanpa mengandalkan musim untuk proses pengeringan sudah dapat meningkatkan kapasitas,” tuturnya.

Sementara, Kepala Balitbang Jawa Tengah  Tegoeh Winarnoe Harnoe mengatakan teknologi tepat guna tersebut bakal mampu meningkatkan produktifitas tanpa mengurangi kualitas.

“Dengan inovasi alat pengering tersebut maka dapat membantu peningkatkan produk olahan makanan yang dibuat oleh UMKM,” ujarnya.(RS)

99
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>